Operasi Militer Bukan Solusi Selamatkan Sandera

Operasi Militer Bukan Solusi Selamatkan Sandera
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari menilai pendekatan militer  dalam upaya penyelamatan tujuh warga negara Indonesia (WNI) yang disandera   kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan, bukan solusi tepat saat ini.

“(Pendekatan, red) militer bukan solusi utama tapi diplomasi pembebasan secepatnya," kata Abdul Kharis saat dihubungi di Jakarta, Jumat (24/6).

Dalam situasi sekarang ini, politikus PKS itu meminta pemerintah meningkatkan pertahanan dan keamanan di perairan Indonesia, oleh berbagai pihak terkait.

"Perlu penanganan bersama dan terpadu sehingga kelihatan soliditas pertahanan keamanan dalam menangani masalah ini.  Kami harap sandera WNI harus selamat  secepatnya," tegas Kharis.

Karena itu, ia meminta komponen pemerintah mulai dari Kementerian Luar Negeri,  Kementerian Pertahanan, BIN, BAIS, harus mengambil langkah taktis dalam jalur diplomasi.

"Harus ada langkah menlu untuk diplomasi agar tidak terjadi lagi. Kalau langkah diplomasi tidak membuahkan hasil, maka tentu pertahanan keamanan kita harus sebaik mungkin (mengambil peran)," tambahnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari menilai pendekatan militer  dalam upaya penyelamatan tujuh warga negara Indonesia (WNI)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News