Para Pemudik Sepeda Motor, Ada Imbauan Dari Pak Jonan nih

Para Pemudik Sepeda Motor, Ada Imbauan Dari Pak Jonan nih
Ilustrasi. Foto dok Jawa Pos/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Jumlah kendaraan roda dua atau sepeda motor, yang digunakan mudik tahun ini diprediksi lebih dari 5 juta unit. Atau meningkat hampir 50 persen dibanding 2015 dengan jumlah kendaraan roda dua lebih dari 3 juta unit.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan imbauan kepada para pemudik sepeda motor agar tidak menggunakan kendaraan roda dua. Namun, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mudik menggunakan sepeda motor sudah menjadi kultur dan tradisi.

“Ini bukan sekedar hanya masalah keselamatan, tapi ini menjadi suatu kegembiraan tersendiri juga secara kultur (mudik dengan sepeda motor),” ujar Jonan di kantornya, Jakarta, Jumat (24/6).

Karena itu Jonan mengimbauan, agar pemudik tidak menargetkan tenggat waktu untuk sampai ke tujuan. “Misalnya dari Jakarta berangkat habis buka. Targetnya sampai Pemalang sebelum sahur. Nggak usah begitu. Kalau capek ya berhenti dulu,” ucapnya.

Imbauan lainnya adalah menghindari perjalanan pada malam hari untuk menghindari jarak penglihatan. Terkait program mudik gratis bagi pemudik sepeda motor yang diselenggarkan Kemenhub, Jonan mengatakan tahun ini total kuota yang diangkut mencapai 24 ribu unit.

"Saat ini kuota telah terisi sekitar 80 persen, baik yang diangkut dengan truk maupun kereta api. Kemenhub mendorong semua pihak untuk mengadakan program mudik gratis agar mengurangi pemudik sepeda motor yang semakin meningkat setiap tahunnya," tandas Jonan. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Jumlah kendaraan roda dua atau sepeda motor, yang digunakan mudik tahun ini diprediksi lebih dari 5 juta unit. Atau meningkat hampir 50


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News