WOW, Indonesia Kirimkan Wakil ke Dua Kejuraan Sepakbola di Eropa

WOW, Indonesia Kirimkan Wakil ke Dua Kejuraan Sepakbola di Eropa
Menpora Imam Nahrawi bersama pengurus Rumah Cemara, pengurus ASSI, dan atlet yang akan mewakili Indonesia. Foto: M Amjad/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Indonesia kembali mengirimkan tim ke ajang Homeless World Cup (HWC) di Glasgow, Skotlandia, 10-16 Juli. Selain itu, Indonesia melalui inisiasi Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI) dan organisasi Rumah Cemara, juga mengirimkan tim ke Street Soccer festival di Lyon, Prancis mulai 28 Juni nanti.

HWC adalah kompetisi street soccer internasional yang melibatkan orang-orang termarjinalkan. Homeless World Cup di inisiasi pada tahun 2001 yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan sosial melalui sepakbola. 

Tahun 2016 merupakan gelaran yang ke-16, sedangkan Street Football World Festival merupakan turnamen sepakbola jalanan yang menampilkan sebuah konsep cara bermain bola yang menggabungkan pelajaran hidup dalam setiap pertandingannya, dan juga mempromosikan kempemimpinan muda diseluruh dunia. 

"Jiwa anak muda yang termarjinalkan dan jiwa muda pengurus ASSI dan Mitra Rumah Cemara merupakan sebuah isyarat yang jelas untuk dibentuknya sinergi yang sangat kuat dan erat dalam membantu pemerintah kita guna membangun suatu generasi muda yang produktif, berfikir positif dan tangguh," ujar Mandira. 

Ketua Umum ASSI ini melanjutkan bahwa turnamen ini lebih mengangkat tema sepakbola untuk perubahan sosial. Festival ini akan menghadirkan anak laki-laki dan perempuan dari kelompok yang kurang beruntung dari seluruh negara.

“Mereka yang dipilih bukan berdasarkan kemampuan sepakabolanya, melainkan komitmen dalam menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan menggunakan sepakbola sebagai salah satu alatnya," ujar Mandira. 

Menpora Imam Nahrawi menyambut antusias sekali atas keikutsertaan Indonesia dalam gelaran dunia ini. "Saya memberikan apresisasi yang tinggi terhadap saudara-saudara yang akan ikut bertanding mewakili Indonesia di Prancis dan Glasgow,” ujar Menpora.

Menpora mengaku bangga karena ketika saudara-saudara terbatas ini dikucilkan, ditinggalkan, dan tidak dihargai lingkungan, saudara dapat menunjukkan prestasi dan membawa nama baik Indonesia di ajang internasional. 

JAKARTA - Indonesia kembali mengirimkan tim ke ajang Homeless World Cup (HWC) di Glasgow, Skotlandia, 10-16 Juli. Selain itu, Indonesia melalui inisiasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News