Apes! PNS Belanja Online, Uang Ditransfer, Barang tak Dikirim

Apes! PNS Belanja Online, Uang Ditransfer, Barang tak Dikirim
Uang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - BENGKULU - Robert (29), warga Perum Unib Blok VI Kelurahan Bentiring Permai, di Kecamatan Muara Bangkahulu, Bengkulu, menjadi korban penipuan saat berbelanja secara online.

PNS ini tertipu Rp 5,8 juta karena 1 unit amplifier merek Aune yang dipesannya tak kunjung tiba.

Diceritakan korban, peristiwa penipuan itu terjadi Rabu (22/6). Ketika itu korban memasang pengumuman di sebuah situs jual-beli online, bahwa dirinya mencari penjual amplifier merek Aune. 

Tak lama kemudian, korban mendapat pesan singkat dari seseorang yang mengaku bernama Rahadian Purnama. Orang tersebut menawarkan amplifier yang dicari korban. 

Setelah sepakat harga, tanpa ragu korban langsung mentransfer uang ke rekening pelaku. 

Dalam kesepakatannya, barang akan langsung dikirimkan hari itu juga. Namun setelah dua hari, barang yang dijanjikan tidak ada. Nomor pelaku juga sudah tidak bisa dihubungi lagi. 

“Kasus ini harus menjadi pembelajaran kita bersama. Penipuan online semakin marak terjadi. Modusnya agar orang tetap yakin, semakin banyak pula. Sebaiknya kita mempelajari dulu media online niaga. Cari referensi media mana yang terpercaya. Jangan mudah percaya,” pesan Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Bengkulu Kompol. Mulyadi. (cuy/sam/jpnn) 


BENGKULU - Robert (29), warga Perum Unib Blok VI Kelurahan Bentiring Permai, di Kecamatan Muara Bangkahulu, Bengkulu, menjadi korban penipuan saat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News