Lantunan Al Baqarah Terdengar dari Balik Jeruji Besi

Lantunan Al Baqarah Terdengar dari Balik Jeruji Besi
Sejumlah napi bersama petugas mengaji di masjid At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II B Cilacap. Foto: Abdul Aziz Rasjid/Radar Banyumas/JPNN.com

jpnn.com - SYAHDU suara lantunan surat Al Baqarah terdengar dari masjid At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II B Cilacap, selepas shalat Dzuhur secara berjamaah, Kamis (23/6)..

Di antara remang-remang jeruji besi, mereka berusaha mendekatkan diri pada sang Maha Adil.

ABDUL AZIZ RASJID, Cilacap

Empat puluh empat napi dari berbagai kasus dan masa tahanan terpendek dua tahun dan terlama 13 tahun itu, merupakan santri dari Pondok Pesantren Darut Taubah Wat Tarbiyah. 

Pondok pesantren itu berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya, karena dibangun di dalam LP Klas II B Cilacap dimana bui berjeruji besi adalah asrama bagi santri-santri tersebut. Pondok itu, bisa dikatakan adalah rumah pertaubatan dari kegelapan masa silam.

Tiga tahun sejak didirikan pada 2013 silam, saban Senin sampai Kamis, puluhan napi yang terpanggil untuk mendekatkan dirinya pada pencipta diajarkan tentang Tauhid, Fiqih, Tajwid Alquran, cara berdakwah dan tentu khusyuknya Ibadah. 

Para napi itu, memulai kegiatannya sebagai santri sejak pukul 8 sampai 10 pagi dimana kitab suci Alquran merupakan titik tolak mereka menimba ilmu agama.

Zainuddin (43) misalnya yang terlibat kasus imigran dan ditahan selama 3 tahun, menyatakan ponpes Darut Taubah Wat Tarbiyah adalah bagian pertaubatan hidupnya. Di sana ia merasa menjumpai kedamaian untuk mendamaikan gejolak hatinya dari perbuatan buruk yang pernah ia lakukan. 

SYAHDU suara lantunan surat Al Baqarah terdengar dari masjid At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II B Cilacap, selepas shalat Dzuhur secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News