Jelang Mudik, DPD RI Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak

Jelang Mudik, DPD RI Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad meninjau‎ kesiapan angkutan lebaran dan fasilitas penunjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Jumat (24/6). FOTO: Humas DPD RI

jpnn.com - MERAK - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad meninjau‎ kesiapan angkutan lebaran dan fasilitas penunjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Jumat (24/6).

Peninjauan sarana dan prasarana ini, dimaksudkan untuk melihat kesiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik 2016 ini.

Farouk mengawali peninjauan dengan mengecek keseluruhan fasilitas penunjang, mulai dari loket penjualan karcis, ruang tunggu penumpang hingga sarana kebersihan.

“Fasilitas yang tersedia sudah cukup baik. Saya sangat mengapresiasi pihak Pelabuhan Merak sebagai penyelenggara. Namun, untuk loket penjualan sebaiknya perlu loket tambahan untuk mengantisipasi banyaknya penumpang,” ujarnya seperti dilansir dalam siaran pers Humas DPD RI.

Farouk meminta agar pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry mempersiapkan dengan baik kondisi armada Kapal Ferry yang akan mengangkut penumpang dari Merak ke Bakauheni.

“Mohon dipastikan untuk kondisi kapal, jika memang ada yang perlu diperbaiki maka segera dikoordinasikan dengan pihak terkait. Saya sudah bicara dengan Menteri Perhubungan dan beliau juga sepakat untuk mensukseskan pelaksanaan arus mudik maupun arus balik,” tegasnya.

Terkait dengan keamanan jelang puncak arus mudik, Farouk berpesan untuk bekerjasama dengan berbagai pihak terutama kepolisian beserta satuan pengamanan internal pelabuhan agar meningkatkan keamanan.

"Saya harap nanti tidak ada percaloan tiket menjelang arus mudik untuk itu mekanisme pembelian tiket juga harus diatur, apalagi saat ramai penumpang  biasanya banyak tindakan kriminal seperti pencopetan, pembiusan hingga gendam/hipnotis, nah saya harap ada petugas yang standby dan disebar di titik yang rawan untuk meminimalisir hal-hal tersebut",  kata Farouk.

MERAK - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad meninjau‎ kesiapan angkutan lebaran dan fasilitas penunjang di Pelabuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News