Inggris Keluar, Lima Negara Bergolak

Inggris Keluar, Lima Negara Bergolak
Sejumlah pejalan kaki melintas di kawasan Big Ben, London. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON - Uni Eropa terpukul. Inggris, lewat hasil referendumnya memilih Brexit alias British exit. Negara anggota lainnya mulai bergolak. Mereka ingin mengikuti jejak Inggris untuk menggelar referendum. 

Ada beberapa negara yang mulai bersuara. Antara lain Italia, Prancis, Belanda, dan Denmark. Suara untuk pisah itu dimuncukan dari partai-partai ultranasional di empat negara tersebut. ”Kemenangan untuk sebuah kebebasan. Seperti yang telah saya katakan selama bertahun-tahun, kita harus membuat referendum serupa di Prancis dan negara-negara lain di UE,” tulis pemimpin Partai National Front Prancis Marine Le Pen di akun Twitter-nya. 

Dia memuji langkah Inggris untuk menggelar referendum dan keputusan warga yang akhirnya memilih leave (meninggalkan UE). Menurut dia, hasil referendum di Inggris itu menunjukkan bahwa UE telah runtuh dan ada retakan di mana-mana. Dalam sebuah acara di Wina, dia menegaskan bahwa Prancis memiliki lebih dari seribu alasan untuk meninggalkan UE jika dibandingkan dengan Inggris. Sebab, Prancis adalah bagian dari zona euro dan zona bebas paspor Schengen. Partai yang dipimpin Le Pen selama ini memang antieuro. 

”UE bertanggung jawab atas tingginya pengangguran dan kegagalan menangani penyelundup, teroris, dan imigran karena faktor ekonomi,” tegas Le Pen. 

Politikus yang tengah mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Prancis itu berjanji menggelar referendum jika terpilih nanti. Hal senada ditegaskan politikus anti-imigrasi Belanda Geert Wilders. Dia menyerukan agar negaranya juga menggelar referendum untuk menentukan sikap.

Pemimpin Party for Freedom itu menegaskan bahwa Belanda harus menggelar referendum secepatnya. ”Kami ingin berkuasa atas negara kami, uang kami, perbatasan kami, dan kebijakan imigrasi kami,” tegasnya. 

Wilders tidak sendirian. Berdasar survei yang dilakukan baru-baru ini, 54 persen penduduk Belanda menginginkan referendum. Belanda sendiri bakal menggelar pemilu Maret mendatang. Beberapa hasil polling menunjukkan bawa Wilders memimpin. Jika dia menang, tidak tertutup kemungkinan Belanda mengikuti jejak Inggris dengan menggelar referendum Nexit alias Netherland exit. 

Italia tak mau ketinggalan. Pemimpin Partai Northern League Matteo Salvini dan politikus Partai 5-Star Movement Luigi di Maio sama-sama menyerukan agar Italia menggelar referendum. ”Terima kasih, Inggris, kini giliran kami,” ujar Salvini. 

LONDON - Uni Eropa terpukul. Inggris, lewat hasil referendumnya memilih Brexit alias British exit. Negara anggota lainnya mulai bergolak. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News