Ribuan TKI di Malaysia Tunggu Dideportasi

Ribuan TKI di Malaysia Tunggu Dideportasi
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - PONTIANAK - Pemerintah Malaysia telah mendeportasi 1.115 pekerja migran asal Indonesa yang bermasalah sejak Januari 2016. Namun, bukan berarti pendeportasian berhenti.

Sebab, masih ada ribuan imigran lagi yang menunggu untuk dipulangkan. Pekerja migran bermasalah itu didominasi dari luar Kalimantan Barat.

“Dari Januari sampai sekarang, sudah 1.115 pekerja migran yang dipulangkan. Luar Kalbar sebanyak 811 orang. Sementara Kalbar sebanyak  344 orang,” kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalbar Yuline Marhaeni kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Menurut Yuline, masih ada ribuan pekerja migran Indonesia yang bermasalah di Malaysia yang belum dipulangkan. Dia menceritakan, saat berkunjung ke Komjen Malaysia di Kuching, ribuan pekerja migran itu akan dipulangkan secara bertahap.

“Memang masih banyak. Maksudnya begini, kalau data sudah lengkap dan cukup, maka akan dipulangkan ke sini (Pontianak),” ujarnya.

Proses pemulanganya, kata Yuline, harus terdata akurat dahulu. Kuotanya juga, tidak bisa langsung, akan tetapi bertahap. “Mereka perlu data yang akurat. Kalau dipulangkannya ribuah langsung, kita pun kewalahan,” sebutnya. (gus/yuz)


PONTIANAK - Pemerintah Malaysia telah mendeportasi 1.115 pekerja migran asal Indonesa yang bermasalah sejak Januari 2016. Namun, bukan berarti pendeportasian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News