Ramadan, Sampah Tembus 404 Ton Setiap Hari

Ramadan, Sampah Tembus 404 Ton Setiap Hari
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG REDEB - Volume sampah di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Bujangga, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Tanjung Redeb terus mengalami peningkatan selama Ramadan.

Pada hari biasa, volume sampah hanya berkisar 168 ton per hari. Namun dalam bulan puasa ini, volumenya meningkat menjadi 404 ton per hari.

“Sangat kelihatan peningkatannya, dan saat ini yang mendominasikan sampah itu adalah sampah rumah tangga, disusul sampah dari kulit kelapa,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pengangkutan, Penampungan, dan Pemanfaatan Sampah, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Berau Suhardi, Sabtu (25/6).

Suhardi mengatakan, pada H-3 Idul Fitri nanti, volume sampah pasti akan bertambah lebih banyak lagi. “Seperti pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, volume sampah itu meningkat dari H-3 hingga H+2,” tuturnya.

Karenanya, ia mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya atau di TPS (tempat pembuangan sampah sementara) yang telah disiapkan.

“Jika masyarakat membuang sampah pada jam yang sudah ditentukan saya yakin meski sampah banyak, petugas sampah juga bisa leluasa untuk mengambil atau mengangkutnya,” terangnya.(art/asa)


TANJUNG REDEB - Volume sampah di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Bujangga, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Tanjung Redeb terus mengalami peningkatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News