Dirjen Hubdar Kumpulkan Sopir Bus Mudik Gratis

Dirjen Hubdar Kumpulkan Sopir Bus Mudik Gratis
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto memanggil seluruh sopir, yang akan mengantarkan ratusan pemudik secara gratis. Seluruh sopir yang dipanggil diharuskan mengikuti serangkaian tes kesehatan.

"Kemarin kami baru laksanakan tes urin sopir bus mudik gratis di Senayan. Semuanya lulus tes urine dan dinyatakan sehat," kata Pudji saat dihubungi, Minggu (26/6).

Selain itu, pihaknya juga memberikan arahan kepada sopir untuk menjaga kesehatan selama beroperasi. Bahkan, setiap sopir yang mengikuti program bus mudik gratis, wajib meneken pakta integritas.

"Para pengemudi juga telah berikrar dan menandatangi komitmen untuk bersama-sama menjaga keselamatan penumpang serta taat peraturan lalu lintas," ucap Pudji.

Pihaknya juga meminta agar para sopir bekerja tidak melewati delapan jam operasi. Bahkan ia menekankan kepada perusahaan otobus (PO) untuk membatasi jam kerja selama empat jam saja. Selain itu, ia meminta kepada PO, untuk m‎enyediakan sopir cadangan di setiap bus.‎

Di sisi lain, ia menginstruksikan jajaran Dishub di kabupaten dan kota untuk terjun ke lapangan guna mengawasi sopir-sopir yang mengebut di jalanan. Pudji juga sudah berkoordinasi dengan polisi untuk mengawasi kecepatan bus.

"Harapan kami, sopir bus sadar dalam pantauan kami. Usaha-usaha ini kami harapkan agar zero accident," imbuh bekas Kapolda Sulselbar ini. (Mg4/jpnn)

JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto memanggil seluruh sopir, yang akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News