Pacu Minat Konsumsi Masyarakat, KKP Gelar Pasar Ikan Murah

Pacu Minat Konsumsi Masyarakat, KKP Gelar Pasar Ikan Murah
Menteri KKP Susi Pudjiastuti turun langsung semarakan pasar ikan murah. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen terus memacu peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, termasuk saat Ramadan dan jelang Lebaran. Karena itu, KKP menggelar operasi pasar ikan murah, yang telah tersebar di Jakarta.

"Pasar ikan murah Ramadan dilakukan sebagai salah satu upaya dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan ikan selama puasa dan menjelang Lebaran," ujar Susi, Minggu (26/6) kemarin.

Menurut Susi, kebutuhan ikan diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 20 persen dari kebutuhan normal. Sedangkan dari sisi harga, cenderung mengalami kenaikan sebesar 10-20 persen terutama untuk ikan laut.

"Fenomena ini seringkali menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Untuk itu KKP telah bekerja sama dengan PD Pasar Jaya untuk melakukan pasar Ikan Murah di sebelas lokasi, serta melakukan bazar ikan murah di beberapa instansi pemerintah sejak 14-25 Juli 2016," tutur Susi.

Adapun konsep pasar ikan murah yang dilakukan, tidak hanya menjual ikan segar dan produk olahan saja, namun juga edukasi kepada masyarakat terkait potensi sumber daya ikan Indonesia yang melimpah. Serta cara penanganan dan pengolahan ikan yang baik.

Pasar ikan murah ini terlaksana berkat kerja sama KKP dengan PT Perum Perikanan Indonesia (PPI), PT Pertamina dan Garuda Indonesia, serta didukung oleh industri pengolahan perikanan dan asosiasi. (chi/jpnn) 


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen terus memacu peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, termasuk saat Ramadan dan jelang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News