Komisi IX Cecar Habis Menkes Soal Vaksin Palsu

Komisi IX Cecar Habis Menkes Soal Vaksin Palsu
Ketua Komisi IX Dede Yusuf. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf menyatakan bahwa pemerintah telah terbukti lalai dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran vaksin palsu yang diungkap Dit Tipideksus Bareskrim Polri.

"Pemerintah lalai. Masalah obat-obatan, vaksin ini tanggung jawab pemerintah. Ini vaksin disebar kepada jutaan warga negara kita sejak 2003. Kami mau tahu ini sistem atau oknum," kata Dede, sebelum rapat dengan Menteri Kesehatan di DPR, Senin (27/6).

Menkes Nila hadir dalam rapat di Komisi IX DPR bersama jajaran BPOM RI dan Ikatan Dokter Anak Indonesia. Mereka dimintai penjelasan oleh DPR tekait kasus vaksin palsu yang dibongkar Bareskrim Polri.

"Ini kasus sejak 2003, dampak ikutannya belum tahu. Kami minta pemerintah menelusuri. Jangan-jangan ini puncak gunung es. Tersangka yang didapatkan memproduksi dengan mudah, bagaimana mafia obat-obat yang skala besar," ujar politikus Demokrat itu.

Karena itu, kata Dede, DPR akan meminta Kemenkes menarik vaksin-vaksin yang beredar. Di sisi lain BPOM harus mengecek zat apa saja yang terkandung dan apa dampaknya pada kesehatan. "Bagi kami ini menjadi sangat urgent," pungkas Dede.(fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf menyatakan bahwa pemerintah telah terbukti lalai dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran vaksin palsu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News