Imbangi Oposisi, Sebaiknya Wapres SBY dari Parpol

Imbangi Oposisi, Sebaiknya Wapres SBY dari Parpol
Imbangi Oposisi, Sebaiknya Wapres SBY dari Parpol
JAKARTA - Pakar marketing politik dari Universitas Indonesia (UI), Firmanzah, menyarankan incumbent Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengambil kader partai untuk cawapres yang mendampinginya pada pemilu presiden mendatang. Hal itu sangat penting katanya, guna meminimalisir serangan oposisi di DPR.

"Jika mengambil kalangan profesional, katakanlah Gubernur Bank Indonesia Boediono, berarti SBY sendiri telah menyimpan 'bom waktu' yang setiap saat bisa meledak dan melemahkan kinerja pemerintahan secara menyeluruh," ujar Firmanzah, menjawab pertanyaan plus-minus bursa cawapres pendamping SBY, Selasa (5/5).

Firmazah pun menjelaskan, secara riil, kalangan professional tidak punya kendaraan politik dan pengalaman menghadapi oposisi di parlemen. "Di sisi lain, SBY sangat membutuhkan seorang wapres dari kader partai dengan track record politik yang luar biasa. Jika memilih Boediono, secara relatif stabilitas di antara partai-partai koalisinya diprediksi akan terbangun. Termasuk konflik internal partai seperti yang terjadi di PAN," paparnya.

"Jadi, ada dua pilihan, perbaikan ekonomi secara makro, atau stabilitas politik dalam negeri sendiri. Sistematik yang lumrah dipakai di banyak negara demokrasi adalah lebih mengutamakan stabilitas politik dalam negeri, disusul perbaikan ekonomi yang dilakukan oleh para ekonom terkait," sarannya.

JAKARTA - Pakar marketing politik dari Universitas Indonesia (UI), Firmanzah, menyarankan incumbent Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengambil kader

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News