Uji Petik Kelaikan Kapal di Balikpapan Dinyatakan Aman

Uji Petik Kelaikan Kapal di Balikpapan Dinyatakan Aman
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo meninjau kegiatan angkutan laut lebaran di Balikpapan, Minggu (26/6). Keberadaannya di sana sekaligus untuk memimpin Tim Terpadu Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, melakukan uji petik kelaiklautan kapal angkutan lebaran di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain melakukan uji petik kelaiklautan kapal penumpang, juga dilakukan pemeriksaan terhadap kelaikan ABK Kapal, khususnya terkait dengan penggunaan obat-obat terlarang seperti narkoba.

"Uji petik kali ini, tim terpadu tidak hanya memeriksa kelaikan kapal, tetapi juga memeriksa kelaikan kru atau ABK kapal, sehingga baik kapal itu sendiri maupun kru kapalnya dalam kondisi terbaik untuk melayani angkutan Lebaran tahun ini," ujar Sugihardjo dalam siaran persnya, Senin (27/6).

Dari hasil uji petik yang dilakukan oleh tim terpadu di Kapal KM Lambelu dan KMP Swarna Nalini, kedua kapal dinyatakan dalam kondisi baik dan laik laut, hanya diberikan catatan kekurangan minor, yang tidak berpengaruh terhadap aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sementara, pemeriksaan ABK Kapal melalui pemeriksaan urin, tidak menemukan pemakaian obar-obat terlarang oleh ABK karena semua hasil pemeriksaan negatif dari pengunaan barang berbahaya, seperti narkoba dan sebagainya.

Sugihardjo menambahkan, uji petik kapal penumpang ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Agar setiap moda transportasi yang digunakan untuk angkutan Lebaran dilakukan pengecekan keselamatan dan keamanan transportasi, tanpa terkecuali moda transportasi laut," tandas Sugihardjo. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo meninjau kegiatan angkutan laut lebaran di Balikpapan, Minggu (26/6). Keberadaannya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News