Katanya Lebaran Sudah Pasti 6 Juli, kok Masih Sidang Isbat?

Katanya Lebaran Sudah Pasti 6 Juli, kok Masih Sidang Isbat?
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sidang isbat penetapan 1 Syawal 1437 H/2016 M akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada 4 Juli. 

Kegiatan ini hanya formalitas, karena jatuhnya 1 Syawal atau lebaran sudah bisa ditetapkan sejak jauh hari.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan, dari hitung-hitungan astronomi, saat dilakukan pemantauan 4 Juli nanti posisi hilal masih di bawah ufuk. ’’Persisnya adalah hilal berada di posisi minus satu derajat,’’ katanya kemarin (27/6).

Dengan kondisi tersebut, sangat mustahil hilal akan bisa dirukyat pada saat digelar sidang isbat nanti. Dengan demikian hampir bisa dipastikan dari seluruh tempat rukyat, tidak akan bisa melihat hilal atau bulan muda.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama ini, ketika hilal tidak bisa dirukyat, maka jumlah hari bulan Ramadan akan digenapkan atau isti’mal menjadi 30 hari. 

Sehingga 1 Syawal 1437 H akan jatuh pada 6 Juli. ’’Tetapi alangkah baiknya kita menunggu hasil sidang isbat Kemenag,’’ jelasnya.

Thomas menuturkan tinggi hilal yang minus itu tidak memenuhi dua kriteria yang berlaku di Indonesia. Yakni kriteria wujudul hilal yang digunakan Muhammadiyah. Maupun kriteria tinggi hilal minimal 2 derajat yang digunakan Nahdlatul Ulama (NU).

Informasi jadwal sidang isbat Kemenag 4 Juli disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag Muhammad Thambrin. 

JAKARTA – Sidang isbat penetapan 1 Syawal 1437 H/2016 M akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada 4 Juli.  Kegiatan ini hanya formalitas,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News