Top! Warga Bakal Dilarang Merokok Sembarangan

Top! Warga Bakal Dilarang Merokok Sembarangan
Ilustrasi. Foto: Jambi Independent

jpnn.com - KUALA PEMBUANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan terus mempersiapkan penerapan peraturan daerah (Perda) kawasan tanpa rokok yang baru-baru ini diketok DPRD.

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah mengatakan, saat ini pihaknya hanya bisa mempersiapkan pelaksanaan perda tersebut.  Tahap pertama, tentunya harus melalui proses sosialisasi kepada masyarakat.

Yakni sosialisasi mengenai kawasan tanpa rokok tersebut. Selain sosialisasi, juga perlu mempersiapkan tempat merokok di areal kawasan yang dilarang.

Dia menambahkan, untuk saat ini titik-titik kawasan tanpa rokok tersebut memang masih belum bisa diterapkan semuanya.  Misalnya di kawasan Pasar Saik Kuala Pembuang. Di sana, para pedagang sekitar mengaku belum siap.

 ”Setelah kami melakukan sosialisasi sepertinya pedagang di daerah itu masih belum siap diterapkan. Untuk sementara itu perda tersebut diberlakukan di titik Pemerintahan Kabupaten Seruyan seperti perkantoran, kawasan pendidikan, tempat olahraga tertutup, ” jelasnya di laman Kalteng Pos, Senin (27/6).

Mahdini memastikan, nantinya akan ada sanksi bagi pelanggar. Namun untuk saat ini pihaknya menyatakan masih dalam proses sosialisasi karena persiapan  penerapan perda itu masih minim.

”Tentunya wajib kami siapkan fasilitas tempat merokoknya, karena perda ini baru tentunya penerapannya bertahap dahulu,” ujarnya. (hen/oes/jos/jpnn)


KUALA PEMBUANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan terus mempersiapkan penerapan peraturan daerah (Perda) kawasan tanpa rokok yang baru-baru ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News