Sebelum Lebaran, Pak Jokowi Berzakat Dulu

Sebelum Lebaran, Pak Jokowi Berzakat Dulu
Presiden Joko Widodo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Jelang hari raya Idul Fitri, Presiden Joko Widodo menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. Jokowi, sapaan Presiden, membayar zakatnya di Istana Merdeka, Selasa (28/6).

Jumlah zakat yang diberikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebesar Rp 40.000.000. Pemberian zakat ini langsung diterima Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo yang disaksikan tujuh anggotanya termasuk Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor.

Jokowi menyampaikan amanahnya agar zakat yang telah ditunaikan bisa bermanfaat untuk mustahik melalui program-program BAZNAS. Sementara itu, Bambang menyampaikan apresiasinya kepada Presiden karena telah menjadi teladan masyarakat dengan menunaikan zakatnya melalui pengelola yang resmi.

“Kami berharap, teladan presiden ini akan menggerakkan hati rakyat yang mampu (telah mencapai nishab) untuk membersihkan hartanya. Karena di dalam hartanya  terdapat hak orang lain,” ujar Bambang.

Menurut data Baznas, selama 2015, tercatat penghimpunan zakat secara nasional sebesar Rp 3,6 triliun. Sedangkan penyaluran cukup efektif sebesar Rp 2,2 Triliun.

Jumlah itu merupakan dana zakat yang terhimpun melalui BAZNAS Pusat, BAZNAS Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/ Kota se-Indonesia serta Lembaga Amil Zakat Nasional.

Bambang berharap kampanye Kebangkitan Zakat yang digaungkan oleh BAZNAS se-Indonesia bisa memacu peningkatan penghimpunan zakat maupun infak/ sedekah secara nasional.

“BAZNAS kini melengkapi layanan pembayaran zakat secara digital. Salah satunya melalui portal kitabisa.com. Masyarakat bisa menunaikan zakatnya dengan mudah seperti berbelanja online, tanpa repot pergi ke gerai ataupun ATM,” pungkas Bambang. (flo/jpnn)

JAKARTA—Jelang hari raya Idul Fitri, Presiden Joko Widodo menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. Jokowi, sapaan Presiden, membayar zakatnya di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News