Lima Kampus Rerata Nilai Tertinggi SBM PTN, Ada yang Mengejutkan

Lima Kampus Rerata Nilai Tertinggi SBM PTN, Ada yang Mengejutkan
Mahasiswa baru. Ilustrasi Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) sudah diumumkam kemarin. Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) masih menjadi kampus terbaik di Indonesia. Dua kampus itu memiliki nilai rata-rata tes tertinggi dibanding kampus lainnya.

Ketua Umum SBM PTN Rochmat Wahab mengatakan total pelamar SBM PTN 2016 mencapai 721.326 orang. Sedangkan peserta yang dinyatakan lulus ujian tulis mencapai 126.804 orang. 

’’Jumlah yang diterima, melebihi dari kuota daya tampung awal,’’ jelasnya di Jakarta kemarin (28/6).

Rochmat mengatakan ITB menjadi kampus dengan nilai rerata tertinggi untuk kelopok saintek yakni 700,1 poin. Kemudian disusul UI (667,44 poin), UGM (648,46), ITS (647,54), dan Universitas Diponegoro (620,33).

Sedangkan nilai rerata tertinggi untuk kelompok sosial humaniora (soshum) ada di UI dengan skor 669,52 poin. Berikutnya ada UGM (652,92 poin), ITB (651,97), Universitas Padjadjaran (621,78), dan Universitas Diponegoro (617,99).

Selain data nilai rerata tertinggi di tingkat kampus, Rochmat juga menjabarkan data nilai rerata tertinggi berdasarkan provinsi lulusan SBM PTN. 

’’Yang membuat kita kaget adalah nilai Provinsi Banten yang menyalip Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur,’’ tutur rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu.

Untuk kelompok saintek provinsi dengan nilai rerata lulusan tertinggi ada di DKI Jakarta dengan skor 623,91 poin. 

JAKARTA – Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) sudah diumumkam kemarin. Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News