Ini Strategi Utama Daihatsu Dongkrak Penjualan

Ini Strategi Utama Daihatsu Dongkrak Penjualan
Daihatsu. Foto: Daihatsu

jpnn.com - JAKARTA – Penjualan Daihatsu tak terpengaruh kondisi pasar otomotif yang belum membaik. Daihatsu mampu mencatatkan penjualan yang menjanjikan meski pasar masih stagnan.

Total retail sales Daihatsu pada Januari–Mei 2016 mencapai 72.607 unit dengan pangsa 16,8 persen. Angka itu meningkat tiga persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Pada 2015, penjualan Daihatsu mencapai 70.169 unit dengan market share 16,2 persen.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menyatakan, pihaknya mengelola pasar dengan cara menyeimbangkan pipa distribusi antara whole sales dan retail sales.

’’Kami optimistis penjualan Daihatsu akan terus tumbuh seiring dengan peningkatan kualitas produk dan layanan,’’ katanya di acara program Xenia Setia kemarin (28/6).

Whole sales merupakan penjualan ADM ke diler-diler atau distributor. Sementara itu, retail sales adalah penjualan dari distributor kepada konsumen. Dari sisi whole sales, Daihatsu mengalami penurunan tiga persen.

Tahun lalu, pangsa pasar whole sales mencapai 16,8 persen dengan total penjualan 74.658 unit, sedangkan tahun ini raihan whole sales Daihatsu mencapai 72.782 unit dengan pangsa pasar 16,5 persen.

Untuk mendongkrak penjualan, Daihatsu menyiapkan satu strategi. Yakni, memanjakan konsumen lewat program tahunan Xenia Setia. Tahun ini Daihatsu memilih 12 pemenang diantara 3.524 peserta dari seluruh Indonesia yang mendaftar program Xenia Setia.

JAKARTA – Penjualan Daihatsu tak terpengaruh kondisi pasar otomotif yang belum membaik. Daihatsu mampu mencatatkan penjualan yang menjanjikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News