Data dan Fakta Jelang Wales vs Belgia

Data dan Fakta Jelang Wales vs Belgia
Wales dan Belgia sebelumnya saling sikut di Kualifikasi Euro 2016. FOTO: UEFA

jpnn.com - LILLE - Wales dan Balegia seolah ditakdirkan untuk bersua kembali. Maklum saja, sebelumnya mereka saling sikut di Kualifikasi Euro 2016. Dalam dua laga (kandang dan tandang Wales unggul karena menang 1-0 di kandang sendiri. Saat bertandang ke kandang Belgia, skor berimbang 0-0. 

Wales yang merupakan debutan di ajang Euro berharap bisa meneruskan cerita dongeng mereka. Sementara, Belgia ingin membuktikan bahwa generasi emas mereka laik meraih pencapaian terbaik di Euro 2016. 

Wales dan Belgia telah bertemu sebanyak 12 kali. Wales meraih 4 kemenangan, 3 seri, dan 5 kalah. Meski secara kemenangan kalah dari Belgia, tapi dalam pertemuan terakhir mereka mampu unggul lewat gol tunggal Gareth Bale. 

FAKTA WALES
- Ini merupakan kali pertama Wales mampu tampil di putaran final Euro. Pencapaian terbaik adalah pada 1976 ketika mereka nyaris masuk ke putaran final yang digelar sejak semifinal. Namun, Wales disingkirkan Yugoslavia dengan agregat 1-3. 
- Di turnamen mayor, Wales pernah mencapai perempat final yakni Piala Dunia 1958. Namun, mereka dihentikan oleh Brasil dengan skor 0-1. 
- Gareth Bale mencetak 7 dari 11 gol Wales di Kualifikasi Euro 2016. Itu berarti dia berkontribusi 82% gol timnya. Hingga saat ini, di putaran final Euro 2016, Bale telah mengemas 3 gol dan satu assist
- Ini untuk kali pertama Wales bermain di Lille. 
 
FAKTA BELGIA
- Ini untuk pertama kali Belgia tampil di putaran final Euro sejak 2000 saat menjadi tuan rumah bersama Belanda. Total belgia tampil 5 kali di putaran final Euro.
- Pencapaian terbesar Belgia di turnamen mayor adalah mencapai final di Euro 1980. Namun, mereka kalah 1-2 dari Jerman (Barat). 
- Kemenangan 4-0 atas Hungaria di babak 16-besar merupakan kemenangan dengan skor terbesar di Euro 2016. Itu juga menjadi kemenangan besar pertama Belgia di turnamen mayor. 
- Lille berbatasan langsung dengan Belgia. Timnas Belgia telah dua kali bermain di kota ini. Mereka kalah 3-4 dari Prancis pada 1914 dalam laga persahabatan dan menang 5-0 atas Luksemburg dalam Pra-Piala Dunia 1990.   

ADU PENALTI
- Belgia pernah sekali melakoni adu penalti di turnamen mayor. Itu terjadi di perempat final Piala Dunia 1986. Kala itu Belgia menang 5-4 atas Spanyol. (epr/JPNN)
 

LILLE - Wales dan Balegia seolah ditakdirkan untuk bersua kembali. Maklum saja, sebelumnya mereka saling sikut di Kualifikasi Euro 2016. Dalam dua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News