GAWAT! Lima Daerah Sudah Teridentifikasi Peredaran Vaksin Palsu, Korbannya?

GAWAT! Lima Daerah Sudah Teridentifikasi Peredaran Vaksin Palsu, Korbannya?
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - ‎Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan sejauh ini sudah ada lima daerah yang teridentifikasi vaksin palsu. Yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Semarang, dan Medan. Daerah tersebut nantinya didata pihak mana saja yang melakukan vaksinasi.

"Kan balita lahir di klinik, rumah sakit, dan kebidanan, akan identifikasi saat itu bidannya seperti apa sehingga bisa dilihat vaksin palsu itu terdistribusi dari mana. Kami lihat apakah dia palsu atau tidak," kata Agung di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/6).

Menurut Agung, Satuan tugas (satgas) penanganan vaksin palsu tengah memetakan ruang lingkup peredaran distribusi vaksin palsu untuk bayi. Hasil pemetaan ini, diharapkan akan menemukan bayi-bayi yang sudah disuntik vaksin palsu, guna diberikan vaknisasi ulang.

‎Pihaknya tengah mendalami riwayat penjualan vaksin palsu dari enam distributor yang sudah ditangkap.

"Kan sebelum ini terbongkar, distribusi sudah berjalan sebagaimana mereka lakukan. Kami harus petakan lagi sampai temukan pengguna terakhirnya. Itu kami maksud pemetaan rantai distribusi,” katanya.

Menurut Agung, satgas harus mencari tahu pengguna terakhir, yaitu bayi-bayi yang menjadi korban vaksin palsu. Sehingga, bayi-bayi yang terserang vaksin palsu, bisa ditindaklanjuti oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).‎
"Kami harapkan seperti itu. Sehingga kami bisa mengulang vaksin‎asi," imbuh Agung.(Mg4/jpnn)


JAKARTA - ‎Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan sejauh ini sudah ada lima daerah yang teridentifikasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News