Lihat tuh, Pemudik Berdesak-desakan

Lihat tuh, Pemudik Berdesak-desakan
Para penumpang tujuan Semarang berdesakan menuju dermaga untuk menaiki KM Lawit yang bersandar di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Selasa (28/6) dinihari. Foto: OCSYA ADE CP/Rakyat Kalbar/JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK – Lebaran masih sepekan lagi. Arus pemudik dari luar Jawa mulai bergerak ke kampung halaman.

Ribuan pemudik asal Pontianak tujuan Semarang berangkat menggunakan KM Lawit, Selasa (28/6) dinihari. Sekitar pukul 01.30, kapal ini bertolak dari Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Lonjakan arus mudik lebaran di pelabuhan Dwikora Pontianak sudah mulai padat. Baik kedatangan maupun masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya di luar Kalbar. 

Seperti KM Lawit yang baru berangkat dari Pelabuhan Dwikora Pontianak menuju Semarang. Biasanya mengangkut hanya sekitar 600-700 penumpang. Kali ini kapal jurusan Semarang ini terdapat sebanyak 1.564 penumpang. 

Sedangkan KM Bukit Raya tujuan Surabaya juga mengangkut pemudik lebih dari 1.300 penumpang, Selasa sore. 

“Lonjakan penumpang dalam rangka mudik, sudah terlihat sejak tanggal 20 Juni 2016 lalu,” kata Firdaus, Kepala Cabang Pelni Pontianak usai melepas keberangkatan KM Lawit.

Menurutnya, lonjakan penumpang akan terus meningkat hingga 2 Juli 2016. Begitu pula arus balik akan terus terjadi hingga 12 Juli 2016 mendatang. Bahkan tiket 2 Juli 2016 sudah full booking. Bahkan Pelni tidak lagi menjual lagi, karena sudah melebihi kuota. 

“Karena kita tidak mungkin memaksakan penumpang untuk tetap naik ke kapal, ketika kondisi sudah penuh,” jelas Firdaus.

PONTIANAK – Lebaran masih sepekan lagi. Arus pemudik dari luar Jawa mulai bergerak ke kampung halaman. Ribuan pemudik asal Pontianak tujuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News