Menpar: Mudik ke Tegal? Kunjungi Destinasi Favourit di Sana!

Menpar: Mudik ke Tegal? Kunjungi Destinasi Favourit di Sana!
Menpar Arief Yahya. foto: dokumen JPNN

jpnn.com - TEGAL – Mudik Lebaran sebentar lagi, dan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal selalu menjadi objek foto yang menghiasi media hampir setiap tahun. Maklum Tegal-Brebes itu perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Tegal-Brebes juga pertengahan menjelang Kota Semarang, dari ibukota Jakarta. “Kalau tujuan akhirnya ke Tegal, ada minimal 10 destinasi wisata alam favourit yang perlu ditengok di sana,” ungkap Menpar Arief Yahya, di Jakarta.   

Kalau soal kuliner, Brebes yang satu garis dan berbatasan sangat nempel dengan Kota Tegal itu terkenal dengan telur asinnya. Di pinggir jalan Pantura itu sudah ada banyak penjaja telur asin. Sedang memasuki Kota Tegal, yang tersohor kulinernya adalah sate kambing. “Ya, sate kambing Tegal, sangat dikenal luas oleh public. Silakan coba, mumpung berada di Tegal,” ujar Menteri Pariwisata RI, yang juga mantan Dirut PT Telkom ini.

Lagi-lagi Menpar Arief berpesan, jangan lupa share foto-foto keindahan alam dan karya budaya, seperti kesenian dan kuliner itu ke media social. Bisa Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Google+ dan lain-lain. “Suasana bahagia, foto-foto suka cita, keindahan alam yang tertata, semua itu menginspirasi orang lain untuk mencontoh yang baik,” kata Arief Yahya yang lulusan Teknik Elektro ITB Bandung, Surrey University Inggris dan Program Doktor Ekonomi di Unpad Bandung itu.(dkk/jpnn)

Yuk, berwisata di kota tempat kita pernah punya sejarah di masa silam. Anda pernah punya historis dengan Tegal? #PesonaLebaranTegal #PesonaKulinerTegal #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

 1.Curug Luhur
Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini justru memiliki kolam yang landai sehingga membuat semua pengunjung yang datang bisa menikmati sensasi bermain air di bawag gerojokan air terjun.

Air terjun yang memiliki ketinggian 25 meter ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa indahya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi anda memulai petualangan di Tegal. Lokasi: Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu), Kabupasten Tegal.

 2.Curug Penganten
Tak jauh dari Curug Luhur, terdapat wisata air terjun yang bernama Curug Manten. Tidak seperti Curug Luhur yang ketinggiannya mencapai 25 meter, Curug manten ini tingginya hanya 14 meter. Nama Curug Manten sendiri diambil karena tempat ini memiliki dua mata air terjun yang berdampingan layaknya pasangan pengantin. Lokasi: Desa Sokasari, Kecamatan Bumijaya, Kabupaten Tegal.

3. Curug Putri
Masih berada di wilayah Bumijawa, Curug Putri adalah salah satu air terjun yang bisa anda nikmati keindahannya. Air terjun ini  merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet.

TEGAL – Mudik Lebaran sebentar lagi, dan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal selalu menjadi objek foto yang menghiasi media hampir setiap tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News