Mudik ke Temanggung? Ada Empat Gunung Berapi yang Keren

Mudik ke Temanggung? Ada Empat Gunung Berapi yang Keren
Gunung Merbabu. foto: pojoksatu/via toplintas.com

jpnn.com - TEMANGGUNG – Posisi Temanggung itu ada di sebelah utara Magelang, jauh sebelum Ambarawa. Posisinya di atas ketinggian dan bisa menyaksikan 4 gunung sekaligus di kota penghasil tembako paling terkenal “Srinthil” yang hanya satu-satunya di dunia itu. Di pagi yang cerah, dari kota kecil ini, bisa menyaksikan dengan jelas Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. 

“Kotanya sejuk, tenang, airnya melimpah dan suasananya sangat mendukung untuk menjadi destinasi alam,” ungkap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Saat Mudik Lebaran, banyak orang dari luar kota Temanggung yang berwisata ke sana. ”Traveller atau pemudik wajib mendatangi tempat ini. Daerah ini punya tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas di telusuri. Coba saja sambil mudik dan libur lebaran. Mungkin bukan pendaki, tetapi lebih untuk melihat alam yang indah dengan lekuk-lekuk gunung berapi yang khas,” kata dia.

Silakan berwisata ke Temanggung. Nikmati #PesonaLebaranTemanggung #PesonaLebaran #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia di Temanggung yang keren. Berikut ini 10 top destinasi di Temanggung yang sudah terkenal di mana-mana.

1. Wisata Alam Jumprit Temanggung
Tempat wisata alam di temanggung yang pertama yaitu wisata alam jumprit yang sekaligus juga menjadi tempat wisata sejarah. Lokasi  atau alamat wisata jumprit berada di Kec. Ngadirejo. Apabila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan disguhkan dengan pemandanagn pepohana yang rimbun dan juga terdapat mata air suci. Air dari mata air tersebut biasa digunakan untuk upacar adat waisak yang dibawa dari candi borobudur ke candi mendhut yang ada di Magelang.
Selain itu di tempat ini juga banyak terdapat kera yang berkeliaran. Dan bagi anda yang membawa barang bawaan seperti tas dan yang lainya harap selalu menjaga barang anda karena kera di tempat ini kadang jahil dengan mengambil barang milik wisatawan.

2. Monumen Meteoroit di Temanggung
Tidak hanya solo yang mempunyai monumen yang beragam, kabupaten temanggung juga ternyata memiliki monumen yang jarang di miliki oleh kabupaten yang ada di indonesia lainya. Yiatu monumen Meteoroit yang berada Ds Wonotirto Kec Bulu Temanggung. Menurut cerita yang ada, pada jaman dahulu tempat tersbut merupkan tempat jatuhnya sebuah meteor dan dibangunlah sebuah monumen di tempat tersebut oleh pemerintah lokal. Monumen Meteoroit merupkan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di temanggung.

3. Curug Lawe ” Pesona Wisata Air Terjun Di Temanggung
Siapa sangka Temanaggung juga mempunyai air terjun yang tak kalah indahnya dengan Curug Cigamea Bogor. Lokasi Curug Lawu sendiri berada di Desa Muncar Kec Gemawang. Lokasi georafisnya yang bearada di kaki gunung ungaran membuat suhu udara di air terjun tersebut menjadi sangat sejuk apalagi ditambah dengan rimbunya pohon ala hutan tropis yang timbuh di sekitaran air terjun.
Dinamakan Lawe pun bukan tanpa alasan, karena air yang turun dari atas begitu jernih dan teampak seperti benang putih maka oleh masayarakat sekitar di berilah nama curug lawe. Lawe merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti benang dalam bahasa indonesia.

4. Pikatan Water Park Temanggung
Setelah kita mengatahui Curug Lawe yang menyuguhkan pesona alam yang begitu indah, kini kita lanjutnkan dengan wisata air buatan yang ada di temanggung. Yaitu Pikatan water park yang merupakan wisata air buatan yang menjadi wisata andalan kabupaten temanggung. Tempat wisata ini cocok bagi semua kalangan umur, di wisata ini menyuguhkan wahan wisata air mulai dari kolam bermain untuk anak anak hingga orang dewasa.

TEMANGGUNG – Posisi Temanggung itu ada di sebelah utara Magelang, jauh sebelum Ambarawa. Posisinya di atas ketinggian dan bisa menyaksikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News