Atasi Kemacetan, Kemenhub Siapkan 3 Skenario Ini

Atasi Kemacetan, Kemenhub Siapkan 3 Skenario Ini
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan tiga skenario untuk mengurai kemacetan, yang kerap terjadi di jalan tol saat arus mudik Lebaran.

"Tiga skenario ini mencakup gerbang tol masuk, ruas jalan tol dan gerbang tol keluar," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo saat meninjau arus mudik di ruas tol Cikopo-Brebes Timur, Rabu (29/6).

Di gerbang masuk tol, para pemudik diimbau agar menggunakan transaksi elektonik serta percepatan transaksi oleh petugas tol. Di ruas jalan tol akan diberlakukan buka tutup pintu rest area dan mempercepat waktu istirahat.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penumpukan di pintu keluar, setelah transaksi di pintu tol akan didorong agar mempercepat arus keluar dengan berkordinasi dengan semua petugas di lapangan, termasuk dengan kepolisian.

Di tengah arus mudik yang mulai padat, Sugihardjo menambahkan, pembayaran tol akan diintegrasikan agar lebih efisien.

"Ruas jalan tol dari Cikarang- Palimanan sudah menghilangkan satu gerbang tol utama Cikopo," tegas Sugihardjo.

Sedangkan untuk pengaturan arus kendaraan di pintu keluar Tol Brebes Timur, proses pembayarannya juga akan diintegrasikan. Di mana dari Palimanan-Brebes Timur akan menghilangkan tiga gardu tol. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan tiga skenario untuk mengurai kemacetan, yang kerap terjadi di jalan tol saat arus mudik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News