50 Ribu Warga Batam Mudik, Semoga Selamat Sampai Tujuan Ya!

50 Ribu Warga Batam Mudik, Semoga Selamat Sampai Tujuan Ya!
Warga Batam yang mudik lewat jalur laut, Jumat (1/7). Foto: Batam Pos / JPG

jpnn.com - NONGSA - Jumlah warga Batam yang mudik lebaran tahun ini terus bertambah. Hingga kemarin atau H-6, sudah 50 ribu orang pulang ke kampung halamannya melalui bandara.

Catatan pihak bandara, mudik lebaran sebelumnya sekitar 10 persen penduduk kota ini pulang kampung. Jumlah penduduk Batam sendiri sekitar 1,2 juta jiwa.  Ada lima tempat mudik yang paling padat yakni Padang, Medan, Pekanbaru, Jakarta dan Surabaya. 

"Hitungan kami, dari H-11 hingga H-6 arus mudik tertinggi itu pada H-8 (28/6)," kata Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso pada Batam Pos (Jawa Pos Group). 

Pada H-11 (25/6) sebanyak 7619 orang berangkat dari Hang Nadim. Lalu pada H-10 sebanyak 7974 orang, H-9 7929 orang , H-8 10149 orang ,dan H-7 8047 orang. "Pada hari ini (30/6), perkiraan kami sebanyak 9 ribu orang yang berangkat dari sini (Bandara Hang Nadim,red)," ujar Suwarso. 

Tiap lebaran, pemudik selalu banyak memadati berbagai pelabuhan dan bandara di Batam. Dan jumlah pemudik keluar dari Batam sangat tinggi. Hal ini ditenggarai banyaknya pekerja luar daerah, yang mengais rezeki di Kota Industri ini. 

"Pada tahun-tahun sebelumnya, saat arus mudik lebih dari 100 ribu orang memadati Hang Nadim untuk pulang kampung," ungkap Suwarso. 

Ia mengatakan bahwa puncak mudik tahun ini diperkirakan pada H-3 lebaran. "Penumpang yang berangkat menyentuh angka 11 ribu orang," ujarnya. 

Suwarso mengungkapkan tahun ini, terjadi sedikit penurunan jumlah pemudik. Sebab maskapai-maskapai low carrier seperti Citilink dan Lion hingga kini tak ada mengajukan extra flight. Walaupun jumlah permintaan tiket tinggi di dua maskapai tersebut. 

NONGSA - Jumlah warga Batam yang mudik lebaran tahun ini terus bertambah. Hingga kemarin atau H-6, sudah 50 ribu orang pulang ke kampung halamannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News