Inflasi Masih Sesuai Target Bank Indonesia

Inflasi Masih Sesuai Target Bank Indonesia
BI. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Di tengah meroketnya harha sejumlah kebutuhan pokok, tingkat inflasi sepanjang Juni masih terkendali. Badan pusat statistik merilis, inflasi Juni lalu hanya 0.66 persen.

Beberapa komoditas menjadi pemicu inflasi saat Ramadan. Di antaranya ialah tiket pesawat, daging ayam ras, gula pasir, dan perhiasan emas. Kepala BPS Suryamin menilai tingkat inflasi Juni tahun ini masih moderat.

Nilainya juga tidak jauh berbeda dengan besaran inflasi pada Juni tahun-tahun sebelumnya. Inflasi terjadi di hampir seluruh kota di Indonesia. Tingkat inflasi tertinggi terjadi di Pangkalpinang, yakni 2,14 persen, sedangkan inflasi terendah terjadi di Padang, yaitu 0,10 persen.

Tekanan inflasi berasal dari naiknya harga sejumlah komoditas pangan seperti daging ayam ras, ikan segar, telur ayam ras, gula pasir, kentang, wortel, beras, daging sapi, dan kelapa.

Kenaikan harga daging ayam yang mencapai 5,63 persen disebabkan naiknya harga di distributor, sedangkan kenaikan harga gula pasir sebesar 6 persen disebabkan melonjaknya permintaan.

Selain komoditas pangan, tarif angkutan udara, tarif dasar listrik, sampai emas perhiasan juga menyumbang inflasi. Satu-satunya komoditas yang harganya turun adalah bawang merah, yakni 10, 19 persen. Sebab, sentra-sentra produksi sudah memasuki musim panen.

Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo menambahkan, inflasi karena naiknya tarif angkutan udara diprediksi tidak berlanjut hingga Juli.

Dia meyakini pada Juli ini inflasi masih kurang dari satu persen. ’’Masih oke lah. Pada minggu kedua komoditas yang sekarang naik tajam itu akan stabil atau menurun,’’ kata Sasmito.

JAKARTA – Di tengah meroketnya harha sejumlah kebutuhan pokok, tingkat inflasi sepanjang Juni masih terkendali. Badan pusat statistik merilis,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News