Ini yang Buat Anda Mengantuk di Siang Hari

Ini yang Buat Anda Mengantuk di Siang Hari
ILUSTRASI. FOTO: Health

jpnn.com - Hasil studi terbaru menunjukkan pria yang makan banyak makanan berlemak membuat mereka mengantuk. Para peneliti menemukan bahwa di antara hampir 800 pria berusia 35 tahun hingga 80 tahun, orang-orang dengan konsumsi lemak yang tinggi dilaporkan lebih banyak masalah dengan rasa kantuk di siang hari.

"Tidak jelas mengapa diet lemak bisa memengaruhi rasa kantuk di siang hari," kata pemimpin peneliti, Yingting Cao, Ph.D., seperti dilansir laman Health, Minggu (26/6).

Tapi, Cao mengatakan, studi laboratorium menunjukkan bahwa sebuah gut neuro-hormon mempromosikan rasa kantuk, sehingga masuk akal bahwa diet tinggi lemak entah bagaimana bisa memengaruhi rasa kantuk di siang hari.

Menurut Cao, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana makanan berlemak bisa mendorong rasa kantuk dan apakah makan sarat lemak di malam hari, misalnya, mengganggu tidur?

Temuan penelitian ini didasarkan pada 784 orang Australia yang disurvei tentang diet dan gaya hidup mereka.

Para pria juga menjalani studi di rumah, untuk mendeteksi gejala sleep apnea, suatu gangguan pernapasan malam hari yang bisa menyebabkan mendengkur keras dan mengantuk di siang hari.

Secara keseluruhan, tim Cao menemukan bahwa satu-seperempat dari pria dengan asupan lemak harian tertinggi lebih mungkin untuk mengeluh mengantuk di siang hari daripada seperempat yang makan lemak paling sedikit.

Para peneliti menemukan bahwa 46 persen pria dalam kelompok dengan tingkat tertinggi asupan lemak biasa mengantuk di siang hari dibandingkan dengan 37 persen pria dalam kelompok terendah asupan.

Hasil studi terbaru menunjukkan pria yang makan banyak makanan berlemak membuat mereka mengantuk. Para peneliti menemukan bahwa di antara hampir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News