Cegah Insiden Berdarah, Jemaah Haji Kenakan Gelang Pintar

Cegah Insiden Berdarah, Jemaah Haji Kenakan Gelang Pintar
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - MADINAH - Pemerintah Arab Saudi bakal mewajibkan seluruh jemaah haji memakai gelang pintar tahun ini. Kebijakan itu diambil untuk mencegah terulangnya Tragedi Mina yang menewaskan dua ribu jemaah tahun lalu.

Dalam gelang pintar tersebut terekam data pribadi jemaah, termasuk alamat dan riwayat kesehatannya  Nantinya, gelang-gelang pintar itu menjadi aksesori wajib bagi seluruh jemaah.

Lewat gelang pintar, panitia ibadah tahunan tersebut akan lebih mudah memantau pergerakan para jamaah. Harapannya, keselamatan dan keamanan jemaah juga akan lebih terjamin.

Selain memuat identitas pribadi dan data penting jamaah, gelang pintar itu terhubung dengan sistem GPS. Dengan demikian, panitia bisa mengamati dan melacak pergerakan setiap jemaah. 

"Pemerintah akan lebih mudah memberikan layanan ibadah kepada para jemaah lewat bantuan gelang pintar tersebut," terang Arab News dan Saudi Gazette dalam edisinya kemarin (1/7).

Kehadiran gelang pintar itu akan sangat membantu jemaah lanjut usia. Juga, mereka yang berkebutuhan khusus. Setidaknya, panitia haji bisa memberikan perhatian ekstra ataupun prioritas kepada mereka.

Saudi berharap gelang pintar yang dirancang tahan air tersebut akan membuat ibadah lebih lancar. Selain itu, keamanan dan kenyamanan para jemaah juga bakal lebih terjamin.

Untuk menunjang ibadah para jemaah, gelang pintar itu juga dilengkapi dengan panduan salat. Pada jam-jam tertentu, gelang pintar tersebut akan memberikan tanda kepada jemaah.

MADINAH - Pemerintah Arab Saudi bakal mewajibkan seluruh jemaah haji memakai gelang pintar tahun ini. Kebijakan itu diambil untuk mencegah terulangnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News