Vaksin Palsu Bikin Resah? Tenang, Daerah Ini Aman Lho

Vaksin Palsu Bikin Resah? Tenang, Daerah Ini Aman Lho
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - KUPANG – Beredarnya vaksin palsu di beberapa kota di Indonesia semakin meresahkan masyarakat. Bila kita tidak waspada, peredaran vaksin palsu bisa saja merambah masuk sampai ke Kota Kupang.

Mengantispasi beredarnya vaksin palsu di Kota Kupang, Dinas Kesehatan Kota Kupang berencana memonitor kembali vaksin yang didapatkan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT melalui instalasi farmasi.

Kepada Timor Express (JPNN Group), Jumat (1/7), Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ari Wijana, mengatakan vaksin selalu didapat dari Kementerian Kesehatan. Sesuai prosedur tetap (protap), vaksin yang datang dari Kementerian tidak ada kaitan dengan vaksin yang dipalsukan.

Ia beralasan vaksin yang didatangkan dari Kementerian Kesehatan hanya melalui e-katalog.

“Vaksin didistribusikan sampai ke puskesmas dan posyandu. Juga beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan kami, termasuk beberapa dokter praktik, khususnya dokter spesialis anak,” ujarnya.  

Vaksin, jelas Ari, adalah benda asing yang dimasukkan ke tubuh anak-anak di bawah usia satu tahun. Permintaan vaksin ke Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTT, kata dia, selalu disesuaikan dengan target kelahiran bayi dalam setahun.

Setiap tahunnya, Dinkes memperkirakan bayi yang lahir mencapai tujuh hingga delapan ribu.

“Jadi kita minta BCG sekitar delapan ribu. Tetapi tidak didrop sekaligus. Karena kita selalu memakai yang namanya buffer stock. Kalau vaksin menipis, baru kita minta untuk didrop lagi,” jelasnya.  

KUPANG – Beredarnya vaksin palsu di beberapa kota di Indonesia semakin meresahkan masyarakat. Bila kita tidak waspada, peredaran vaksin palsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News