Pengampunan Pajak dengan Sedekah Krishi Kalyan

Oleh Dahlan Iskan

Pengampunan Pajak dengan Sedekah Krishi Kalyan
Pengampunan Pajak dengan Sedekah Krishi Kalyan

jpnn.com - KALAU uang gelap yang lari ke luar negeri itu bisa ditarik semua,” katanya waktu kampanye dua tahun lalu, ”dan uang itu dibagi rata untuk penduduk negeri, setiap orang akan dapat bagian 2 juta.”

Itulah isi kampanye pemilu dua tahun lalu. Yang sangat menggoda pemilih. Terutama pemilih miskin yang mendominasi suara. Rakyat jelata sangat suka padanya. Membayangkan segera dapat uang 2 juta rupee itu.

Benar saja, sang calon kemudian benar-benar terpilih. Dengan suara telak. Itulah hasil pemilihan umum tahun 2014 di India. Narendra Modi jadi perdana menteri.

Modi memang geram dengan besarnya dana gelap yang lari ke negara asing itu. Padahal, India sangat perlu dana itu. Untuk menggalakkan pembangunan yang sedang gegap gempita.

Modi memang menjadi pemimpin negeri yang amat populer. Dan kapabel. Waktu dia menjadi gubernur Negara Bagian Gujarat, pertumbuhan ekonomi wilayah itu selalu paling tinggi: di atas 12 persen. Karena itu, Modi selalu terpilih kembali. Sampai 12 tahun. Lalu maju jadi calon perdana menteri.  

India, untungnya, dalam 15 tahun terakhir ini, selalu dapat pemimpin yang hebat.

Dia tidak lupa janji kampanyenya. Untuk memulangkan dana gelap itu.  

Caranya?  

”KALAU uang gelap yang lari ke luar negeri itu bisa ditarik semua,” katanya waktu kampanye dua tahun lalu, ”dan uang itu dibagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News