Oktober, PTPN X Mulai Jual Listrik ke PLN

Oktober, PTPN X Mulai Jual Listrik ke PLN
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara X mulai memetik hasil dari sejumlah inovasi dalam proses pertanian (on farm) maupun pengolahan (off farm). Salah satunya, peningkatan produksi gula menjadi 32 ribu ton dengan rendemen 7,52 persen.

Direktur PTPN X Djoko Santoso menyatakan, pencapaian rendemen tebu itu tertinggi jika dibandingkan dengan perusahaan gula lain.

Bukan hanya itu, produktivitas lahan mencapai 83 ton tebu per hektare, di atas rata-rata industri 80 ton per hektare. ’’Produktivitas gula mencapai 4,44 ton per hektare,’’ jelasnya.

Pencapaian tersebut dirintis sejak 2010 melalui program mekanisasi pertanian, pembangunan sarana irigasi, dan introduksi bibit unggul. PTPN X bekerjasama dengan Telkom untuk melakukan pemetaan lahan melalui foto udara.

Modernisasi peralatan terus dilakukan. Misalnya proses gilingan, processing, penjernihan, dan kristalisasi. Tahun ini PTPN X berinvestasi Rp 44,5 miliar untuk mengoptimalkan kapasitas giling di Pabrik Gula (PG) Ngadiredjo, PG Pesantren Baru, dan PG Watoetoelis.

Tahun ini PTPN X optimistis bisa memproduksi 504.326 ton gula. Target tersebut naik 17 persen daripada realisasi produksi tahun lalu 431.000 ton. Produksi gula itu dihasilkan sebelas pabrik gula (PG) milik PTPN X.

Sekretaris Perusahaan PTPN X Adi Santoso menambahkan, pihaknya telah menandatangani perjanjian jual beli listrik dengan PLN.

Saat ini infrastruktur penyambungan listrik dibangun. ’’Kami targetkan, Oktober interkoneksi ke jaringan PLN selesai dan resmi jual listrik kepada PLN,” terangnya.

SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara X mulai memetik hasil dari sejumlah inovasi dalam proses pertanian (on farm) maupun pengolahan (off farm).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News