Urai Kemacetan, Ruas Jalan Tol Ini Akhirnya Difungsikan

Urai Kemacetan, Ruas Jalan Tol Ini Akhirnya Difungsikan
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Untuk mengurai kemacetan panjang saat mudik Lebaran, pemerintah membuka sejumlah ruas jalan tol yang memang sudah layak dan pantas dilalui tapi belum dibuka secara resmi.

"Beberapa ruas jalan tol yang belum dibuka secara resmi akhirnya difungsikan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2016, dengan tetap mengutamakan keselamatan pengguna jalan,” kata Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H Sumadilaga dalam rilisnya, Senin (4/7).

Selain telah dipasang berbagai rambu-rambu lalul lintas, juga telah menetapkan beberapa aturan dalam menggunakan ruas jalan tol fungsional Bawen-Salatiga (Jawa Tengah) dan Solo-Kertosono (Jawa Tengah).

"Dipakainya ruas jalan tol tersebut secara fungsional tidak dipaksakan, karena kondisinya memang sudah siap dan sangat baik," tegasnya

Ia tambahkan. untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, pada jalan tol fungsional tersebut telah dilengkapi rambu-rambu, kemudian ditetapkan aturan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam, dan hanya dibuka pada waktu tertentu saja, seperti pada pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Menurutnya, jalan tol yang dibuka secara fungsional tersebut bertujuan untuk memecah kemacetan di jalan reguler saat arus mudik.

“Seperti ruas jalan tol Pejagan-Pemalang tahun lalu yang juga dibuka secara fungsional, dengan dibukanya jalan tol tersebut sangat membantu sekali dalam memecah kemacetan," imbuh Danis.(fas/jpnn)


JAKARTA - Untuk mengurai kemacetan panjang saat mudik Lebaran, pemerintah membuka sejumlah ruas jalan tol yang memang sudah layak dan pantas dilalui


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News