Menikah Membuat Anda Bisa Bertahan dari Serangan Jantung

Menikah Membuat Anda Bisa Bertahan dari Serangan Jantung
Ilustrasi: pixabay

jpnn.com - MENIKAH bisa meningkatkan kemungkinan bertahan hidup dari serangan jantung. Hal ini terungkap dalam presentasi penelitian British Cardiovascular Society (BCS) Conference di Manchester, Inggris.

"Sekitar 25.000 pria dan wanita Inggris mengalami serangan jantung," kata rekan penulis studi, Dr. Nicholas Gollop, seperti dilansir laman Today, Senin (4/7).

Berdasarkan temuan, jika pasien dibagi berdasarkan status perkawinan, yang menikah adalah 14 persen lebih mungkin untuk bertahan hidup dari serangan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang single. 

Para peneliti melacak pria Inggris dan wanita yang berusia 67 tahun dan dirawat di rumah sakit antara bulan Januari tahun 2000 dan Maret 2013.

Pasien bercerai adalah 6 persen lebih mungkin untuk meninggal selama tujuh sampai delapan tahun masa tindak lanjut, dibandingkan dengan mereka yang single.

"Kami berhipotesis bahwa faktor psikososial terkait dengan perceraian, seperti depresi, kecemasan dan stres, meningkatkan risiko kematian setelah serangan jantung," kata rekan penulis studi, Dr. Rahul Potluri, pendiri founder of the Algorithm for Comorbidities, Associations, Length of stay and Mortality (ACALM) Study Unit.

Para peneliti Inggris mengatakan bahwa studi ini menggarisbawahi pentingnya dukungan sosial bagi orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung. 

Ini tidak berarti bahwa orang harus menikah untuk meningkatkan kemungkinan mereka bertahan hidup dari serangan jantung.

MENIKAH bisa meningkatkan kemungkinan bertahan hidup dari serangan jantung. Hal ini terungkap dalam presentasi penelitian British Cardiovascular

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News