Ini Bahayanya Memakai Sepatu Di Dalam Rumah

Ini Bahayanya Memakai Sepatu Di Dalam Rumah
Ilustrasi. Foto gendies

jpnn.com - TAK hanya digunakan sebagai alas kaki, sepatu juga menjadi fashion yang harus dimiliki, terlebih bagi kaum hawa. Bahkan, tak sedikit orang yang tetap menggunakan sepatu meski sedang di dalam rumah.

Padahal, menggunakan sepatu di dalam rumah memiliki dampak negatif.

Sebuah studi dari University of Houston menemukan bahwa 39 persen dari sampel sol sepatu, terkontaminasi dengan bakteri C. Diff (Clostridium difficile), ancaman kesehatan masyarakat terhadap sejumlah antibiotik.

Bakteri C. diff menyebabkan diare makin parah, yang bisa berkembang menjadi radang usus dan masalah kesehatan yang lebih serius, terutama jika tidak segera diobati dengan antibiotik.

"Sepatu terkontaminasi bakteri dari berbagai sumber dan Anda secara teratur mencemari depan pintu rumah Anda dengan sepatu," kata penulis studi M. Jahangir Alam, Ph.D, seperti dilansir laman Care2, Senin (4/7).

Melampaui risiko C. diff, ada segala macam bakteri yang bisa menyelinap masuk ke rumah melalui sepatu Anda.

Lantai toilet mengandung sekitar 2 juta bakteri per inci persegi.

Sebagian besar budaya di seluruh dunia meminta Anda melepaskan sepatu di depan pintu. Hal itu bisa menjaga kuman berbahaya masuk ke dalam rumah. Cara itu juga merupakan tanda untuk menghormati tuan rumah, yang Anda kunjungi. (fny/chi/jpnn)


TAK hanya digunakan sebagai alas kaki, sepatu juga menjadi fashion yang harus dimiliki, terlebih bagi kaum hawa. Bahkan, tak sedikit orang yang tetap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News