PDIP Jadikan Idul Fitri Momentum Silaturahim Nasional

PDIP Jadikan Idul Fitri Momentum Silaturahim Nasional
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Bagi PDIP, Idul Fitri merupakan puncak perjalanan spiritual yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan dimana umat Islam telah menjalani puasa selama satu bulan penuh.Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pendidikan, dan Keagamaan Hamka Haq mengatakan, puasa telah memperkuat keimanan umat Islam untuk menjadikan agamanya sebagai Rahmatan Lil 'Alamin.

"PDI Perjuangan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir batin," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan bidang pendidikan, dan keagamaan, Hamka Haq, Rabu (6/7).

Kata dia, puasa adalah refleksi sosial dimana dengan nilai-nilai ketuhanan dibumikan dalam tindakan keimanan, khususnya bagi kaum duafa.

Lebih lanjut, Hamka mengatakan, melalui puasa, umat Islam memperkuat seluruh tanggung jawabnya sebagai agama yang hidup. Agama yang menggerakan komitmen sosial untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

"Melalui puasa seharusnya seluruh tindakan pengabdian umat Islam ditujukan pada upaya mengatasi berbagai bentuk ketidak-adilan sosial. Umat Islam Indonesia yang dikenal toleran, dan sangat menghormati kebudayaan, menjadi penopang bagi pembumian seluruh sila yang terkandung dalam Pancasila," tegas Ketua Umum Baitul Muslimin tersebut.

Masih terkait momentum lebaran tersebut, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa sebagai bangsa yang bertuhan, maka lebaran ini menjadi momentum untuk memperkuat silaturrahim nasional.

"Silaturrahim nasional harus terus dikedepankan. Lebaran telah berproses dalam seluruh tradisi kebudayaan kita sehingga dengan saling memaafkan dan saling membuka pintu hati, gotong royong seluruh komponen bangsa akan diperkuat melalui Idul Fitri ini," ucap Hasto.

"Hal ini sekaligus sebagai deklarasi keimanan yang membumi, bahwa seluruh tradisi keagamaan di bumi Indonesia harus ditujukan pada pergerakan bersama untuk mempercepat kemakmuran Indonesia," pungkas Hasto. (jpnn)


JAKARTA - Bagi PDIP, Idul Fitri merupakan puncak perjalanan spiritual yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan dimana umat Islam telah menjalani puasa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News