Anda Kurang Tidur? Baca Nih Dampak Negatif Bagi Kesehatan

Anda Kurang Tidur? Baca Nih Dampak Negatif Bagi Kesehatan
ILUSTRASI. FOTO: Times

jpnn.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari aktivitas tidur tersebut. Salah satunya yaitu tubuh akan lebih bugar dan segar ketika bangun.

Sehingga kita siap menghadapi hari-hari yang berat dan melelahkan yang harus kita jalani hari ini. Sebaliknya, kurang tidur akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Banyak di antara kita yang mengabaikan aktivitas tidur ini. Ini bisa dibuktikan dengan seringkali kita masih terjaga di malam hari seperti menonton tv sampai larut malam. Ngobrol dengan teman hingga di malam hari sampai lupa waktu atau melakukan aktivitas pada malam hari terkecuali mereka yang memiliki shift malam.

Tidur terlalu sedikit telah terbukti memiliki efek buruk pada jantung. Banyak penelitian telah menghubungkan hal ini ke hipertensi.

Kini, sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa tidur singkat terhubung ke beberapa penanda negatif.

Dalam studi yang dilakukan di laboratorium tidur University of Chicago, 26 orang dewasa muda yang sehat ditugaskan selama seminggu tidur malam hanya lima jam setiap malam.

Setengah dari peserta penelitian tidur tiap malam dengan jam malam normal dan setengah tidur selama lima jam saja.

Para peneliti mengukur tekanan darah dan denyut jantung setiap hari, tingkat norepinefrin, suatu hormon stres yang bisa meningkatkan tekanan darah dan variabilitas denyut jantung, suatu variasi interval beat-to-beat yang digunakan sebagai indikator untuk risiko kardiovaskular.

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News