Husni Kamil Manik di Mata Ketua KPU Lamsel

Husni Kamil Manik di Mata Ketua KPU Lamsel
Husni Kamil Manik. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - KALIANDA – Kabar meninggalnya Ketua KPU RI Husni Kamil Manik (HKM) masih terus menjadi bahan perbincangan di media sosial maupun daerah. 

Kepergian Husni Kamil meninggalkan duka dan kenangan yang berarti terhadap sejumlah orang, termasuk bag Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan ini. Pimpinan lembaga penyelenggara ditingkat kabupaten ini pun mengucapkan bela sungkawa yang mendalam. 

“Saya rasa seluruh keluarga besar KPU ikut berduka,” kata Ketua KPU Lampung Selatan Muhammad Abdul Hafids kepada Radar Lamsel (Jawa Pos Group), Minggu (10/7).

Hafids mengaku terkejut mendengar kabar meninggalnya Ketua KPU RI tersebut. Dia mengaku mendapat kabar dari media dan rekan-rekan yang mengabarinya. “Ya, dari media. Ada beberapa teman juga yang mengabari. Innalillahiwainnailaihi rojuin,” ucap Hafids.

Menurut Hafids sapaan akrab Muhammad Abdul Hafids, almarhum Husni Kamil Manik adalah sosok yang menjaga keterbukaan dalam demokrasi. 

Hafids mengaku meski selama menjadi ketua KPU Lamsel tak pernah berbicara langsung kepada Husni Kamil Manik, kebijakan dan terobosan dalam memimpin KPU cukup ia rasakan. “Almarhum kan baru satu periode ini. Yang saya rasakan transparansi sangat dijaga,” kata Hafid lagi. 

Selain transparansi, Hafids juga menilai Husni Kamil Manik adalah sosok pemimpin yang menjaga hirarki KPU didaerah. “Dia juga sosok yang menjaga hirarki KPU daerah. Ini sangat jarang,” ungkap Hafids.

Sejauh ini Hafids mengungkapkan Husni Kamil Manik sempat datang ke Lampung tepatnya di Kabupaten Lampung Timur dalam kegiatan deklarasi damai pilkada serentak 2015 lalu. “Seingat saya pernah ke Lamtim waktu deklarasi pilkada damai,” ungkap dia.

KALIANDA – Kabar meninggalnya Ketua KPU RI Husni Kamil Manik (HKM) masih terus menjadi bahan perbincangan di media sosial maupun daerah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News