Pelukis ini Pindahkan Ciri Khas Madura ke Kanvas

Pelukis ini Pindahkan Ciri Khas Madura ke Kanvas
Salah satu karya lukisan tentang Madura yang dibuat Hamid. FOTO : jpnn.com

jpnn.com - Dengan segala pesona yang masih belum sepenuhnya tereksplorasi, Pulau Madura tengah menjadi perbincangan banyak pihak. Tak terkecuali seniman ternama Indonesia Hamid Nabhan. Lewat goresan kuasnya, pelukis asli Surabaya itu berusaha memindahkan ciri khas Pulau Madura dalam kanvas.

Madura yang selama ini terkenal karena cuacanya yang terik, dengan apik mampu Hamid gambarkan dalam rangkaian karyanya yang bertajuk Wonderfull Madura. 

”Madura bagi saya misterius namun indah,” katanya.

Butuh 10 hari bagi Hamid untuk mengeksplorasi pulau yang terletak di timur Surabaya tersebut. Empat kabupaten dia datangi, mulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Hampir semua lukisan yang dia hasilkan bertema alam. Sesuai dengan ciri khasnya selama ini.

Dalam salah satu lukisan dia menggambarkan bagaimana perjuangan seorang nenek renta mengangkat barang satu keranjang penuh di kepalanya. Beratnya beban dan teriknya cuaca terlihat dari lukisan berwarna cerah tersebut.

”Saya memang ingin mengangkat realita yang ada. Madura itu indah lho, asal kita mampu mengeksplorasi dengan baik. Pulau ini memiliki paduan antara kekayaan budaya, keindahan alam, dan kenikmatan kuliner,” katanya.

Total ada belasan lukisan beraliran impresionis tentang Madura yang dibuat Hamid. (jpnn/pda)

Dengan segala pesona yang masih belum sepenuhnya tereksplorasi, Pulau Madura tengah menjadi perbincangan banyak pihak. Tak terkecuali seniman ternama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News