Panglima TNI Maunya Operasi Intelijen ke Filipina

Panglima TNI Maunya Operasi Intelijen ke Filipina
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: dok. Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA—Indonesia harus lebih serius menyikapi sejumlah kasus penculikan dan penyanderaan WNI yang dilakukan kelompok Abu Sayyaf di perairan Filipina dan Malaysia.

Menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak ada negosiasi untuk penyelamatan 10 WNI yang sudah disandera kelompok militan itu. Dia inginkan ada operasi pasukan TNI di Filipina.

“Saya lakukan operasi intelijen, tujuannya untuk mempersiapkan segala kemungkinan. Begitu kita diizinkan Filipina, kita masuk. Apapun kita lakukan dan siap,” tegas Gatot di kompleks Istana Negara, Jakarta.

Saat ini, dia mengakui, hambatan dari penyelamatan WNI adalah perizinan TNI masuk ke wilayah Filipina. Indonesia tetap menghormati wilayah Filipina. Selama ini Indonesia dan Filipina sudah melakukan latihan bersama. Namun, itu kurang maksimal. 

“Negara-negara kan sudah terlatih, hanya yang paling penting adalah apabila ada kejadian di mana pun tempatnya, angkatan laut mana pun juga, yang mengetahui duluan dia bisa masuk. Atau kita patroli bersama, yang penting TNI bisa naik di kapal untuk masuk ke sana dan mengawal. Kita sudah menawarkan semuanya, tapi kan keputusannya di Filipina,” paparnya.

Menghadapi kejadian itu, Gatot menegaskan, tidak cukup hanya dengan patroli dan latihan bersama.

“Kalau latihan bersama, latihan doang ngapain. Patroli  memang jalan tapi di perbatasan masing-masing belum masuk ke dalam,” pungkasnya. (flo/jpnn)

 


JAKARTA—Indonesia harus lebih serius menyikapi sejumlah kasus penculikan dan penyanderaan WNI yang dilakukan kelompok Abu Sayyaf di perairan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News