Lakukan Right Issue, Target Raup Rp 400 Miliar

Lakukan Right Issue, Target Raup Rp 400 Miliar
Ilustrasi. Foto; JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) ingin menambah permodalan perseroan. Karena itu, perseroan berencana melakukan right issue tahun ini.

Dengan aksi tersebut, porsi saham induk usahanya PT Bank Mandiri bakal terdelusi. Direktur Utama Bank Mantap Nixon Napitupulu mengatakan, pihaknya telah mendapat informasi bahwa ketiga pemegang saham, Bank Mandiri, PT Taspen, dan PT Pos Indonesia, berminat membeli saham yang ditawarkan.

PT Taspen bakal membeli saham yang ditawarkan lebih tinggi dari dua pemegang saham lainnya. Itu artinya, Bank Mantap akan mendapatkan stimulus baru dari pemegang saham  tahun ini.

Perusahaan akan melakukan penerbitan saham baru pada September 2016. Dari aksi korporasi ini, Bank Mantap akan mendapatkan dana segar berkisar Rp 300 miliar hingga Rp 400 miliar.

“Memang saya mendengar porsinya Taspen akan meningkat, tetapi seberapa besar itu masih didalami. Yang disebutkan tadi juga benar bahwa Bank Mandiri akan kasih sebagian porsinya ke Taspen, naik dari kondisi sekarang,” ujar Nixon di Jakarta, belum lama ini.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan proses valuasi nilai saham. Dengan begitu, porsi kepemilikan saham yang bergeser akan terlihat. Alokasi saham akan rampung sebelum September. Ini akan diputuskan lewat rapat umum pemegang saham.

Adapun tujuan dari penerbitan saham ini untuk menambah permodalan dan mengcover risiko kredit. Hal ini dilakukan lantaran perusahaan telah memprediksi hingga akhir 2017, rasio kecukupan modal alias capital adequacy ratio (CAR) Bank Mantap akan turun di bawah 15 persen,” ujarnya. (ers/jos/jpnn)


JAKARTA - PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) ingin menambah permodalan perseroan. Karena itu, perseroan berencana melakukan right issue tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News