Rekor, Lomba Instagram Pesta Kesenian Bali 2016 Diposting 3.000 Peserta

Rekor, Lomba Instagram Pesta Kesenian Bali 2016 Diposting 3.000 Peserta
Tari Kesenian Bali. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com - BALI - Foto-foto keren Pesta Kesenian Bali (PKB) 2016 yang dibuka Presiden Joko Widodo, Menpar Arief Yahya, Mendikbud Anis Baswedan dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika 11 Juni lalu heboh di Media Sosial. 

Khususnya Instagram, yang berbasis pada picture dan video 30 detik. Setidaknya ada 2.988 foto yang diposting sebagai peserta lomba instagram dengan hastag #PestaKesenianBali2016 atau #PKB2016 yang disupport Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 

"Ini adalah rekor jumlah peserta lomba instagram selama ini. Kami menjuri tiga tahap, pertama memferivikasi 2.988 foto itu menjadi 150 karya saja. Kedua menyeleksi hingga 50 instagramers. Tahap ketiga, menentukan juara-juara dari 50 besar karya terbaik itu," kata juri Ida Bagus Andi Sucitra, didampingi dua juri lainnya, AA Gde Agung Parameswara dan Made Widnyana Sudibya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana memberikan ucapan selamat kepada para pemenang di Taman Budaya Bali, di Art Center, Denpasar, Sabtu sore, 9 Juli 2016. Dia didampingi Kadispar Provinsi Bali, Agung Yuniarta menyerahkan hadiah dan bingkisan kepada 3 pemenang utama, dan 10 hadiah hiburan yang masuk nomonator atau juara harapan.
 
Tiga pemenang itu antara lain, I Nyoman Mahayasa (juara I), AA Ngurah Anom Manik Agung (juara II) dan I Wayan Sumardika (juara III). Sedangkan 10 juara harapan yakni I PG Budiarta Aryawan, Putu Rivan Jaya Prasetya, I Wayan Mardana, I Nyoman Suparta, I Made Murdita, I Wayan Darsana, I Putu Eko Miarsa Putra, I Putu Agus Adi Yudiana, I Putu Sukmana Ghitha, dan Nur Effendi.

I Gde Pitana menjelaskan bahwa saat ini sudah memasuki era digital. Dari 250 juta penduduk Indonesia, 63 juta terkoneksi dengan internet aktif, dan 95% diantaranya memiliki akun media sosial. Terbanyak menggunakan Facebook, dan posisi Indonesia nomor 4 terbesar dunia, setrlah USA, Brazil dan India. 

Sedangkan pemilik akun Twiter ada 19,5 juta, atau terbesar ke-5 dunia, setelah USA, Brazil, Jepang dan Inggris. "Yang sedang ngetop saat ini adalah platform Instagram di Indonesia, dengan pertumbuhan yang fantastik, sejumlahnya 14 juta akun. Inilah yang kami pilih untuk lomba dan menyemarakkan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2016 ini," jelas I Gde Pitana. 

Lomba foto PKB 2016 melalui instagram yang digulirkan Kemenpar ini diselenggarakan dari 11-30 Juni 2016, dan diseleksi oleh tim juri yang profesional. Lomba foto instagram ini baru pertama kali dilakukan dan didukung oleh kementerian pariwisata. PKB sendiri sudah berlangsung ke-38 sejak tahun 1979. 

Mengapa Instagram? "Medsos berbasis foto ini merupakan aplikasi edit dan berbagi foto yang paling fenomenal dewasa ini," kata  I Gde Pitana. Menurutnya, di dunia ada 400 juta pengguna instagram. Di Indonesia, 97 persen instagrammers menulis komentar dan menandai teman-temannya dengan like. Juga men-share ke wall-nya masing-masing pada foto dan editing yang keren. 

BALI - Foto-foto keren Pesta Kesenian Bali (PKB) 2016 yang dibuka Presiden Joko Widodo, Menpar Arief Yahya, Mendikbud Anis Baswedan dan Gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News