Pak Tito, Lima PR Ini Harus Dituntaskan

Pak Tito, Lima PR Ini Harus Dituntaskan
Komjen Polisi Tito Karnavian. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini, Kamis (14/7) digelar serah terima jabatan Kapolri dari Jenderal Badrodin Haiti kepada Komjen Tito Karnavian. Sertijab pemimpin tertinggi Polri itu berlangsung di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Polri, Jakarta Selatan.

Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsy mengatakan ada lima pekerjaan rumah (PR) yang mesti dituntaskan Tito. Pertama, melanjutkan reformasi polri secara menyeluruh.

Aboe mengatakan, telah menyampaikan pesan ini saat Tito menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai Kapolri di Komisi III DPR.

Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi saat pelantikan Tito kemarin (13/7), juga menyampaikan agar Kapolri melakukan reformasi dari hulu hingga hilir.

PR kedua ialah menjaga soliditas Korps Bhayangkara. Menurut Aboe, ini juga bukan pekerjaan mudah. Sebab, pengangkatan Tito melampaui lima angkatan. Akibatnya banyak senior yang harus dikoordinasikan dalam struktur.

"Karenanya, soliditas lembaga harus dikedepankan," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera ini.

Ketiga, Tito harus bisa membawa Polri bersinergi dengan penegak hukum lain. Polri perlu bekolaborasi dengan Kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi, Pengadilan dalam upaya penegakan hukum.

"Sinergitas para penegak hukum ini akan menentukan kualitas penegakan hukum di Indonesia," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News