Kisah Hebat di Balik Gelar Ganda Paduan Suara Anak Indonesia di Italia

Kisah Hebat di Balik Gelar Ganda Paduan Suara Anak Indonesia di Italia
Kelompok The Resonanz Children's Choir bersama juri dan piagam kemenangan Cludio Monteverdi International Festival and Competition. Foto: Avip Priatna for Jawa Pos

jpnn.com - RUANGAN megah di tengah Kota Venezia, Italia itu, seperti meledak begitu paduan suara perwakilan Indonesia selesai tampil, pada Sabtu malam lalu (9/7) waktu setempat. 

GLORIA SETYVANI, Jakarta

Penonton spontan berdiri dan memberikan aplaus panjang. Yang paling membanggakan, sebagian di antaranya kencang berteriak ”Indonesia, Indonesia”. 

"Sedari awal kami yakin, melalui aransemen dan koreografi yang pas, lagu itu bisa dijadikan andalan,” kenang Avip Priatna, komposer yang memimpin kelompok paduan suara The Resonanz Children’s Choir (TRCC).

Lagu yang dimaksud adalah Yamko Rambe Yamko. Berkat kidung tradisional asal Papua itu, TRCC yang mewakili Indonesia meraup prestasi membanggakan. Dua trofi sekaligus di ajang paduan suara Internasional bergengsi Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition sukses digondol: juara umum alias Grand-Prix Winner dan kampiun di kategori Children’s and Youth Choir. 

Gelar juara umum di Venezia itu merupakan yang ketiga bagi Indonesia. Perolehan nilai TRCC pun sangat memuaskan, yakni 94,5, dan berhak memperoleh Gold Diploma Level II.

’’Di Italia ini, TRCC merupakan paduan suara dengan anggota yang rata-rata usianya paling muda bila dibandingkan dengan peserta lain lawan. Mereka kecil-kecil cabai rawit,’’ kata Avip kepada Jawa Pos melalui WhatsApp Selasa lalu (12/9).

Avip menuturkan, di tangan Agustinus Bambang Jusana yang bertugas mengaransemen ulang, Yamko Rambe Yamko yang pada dasarnya memang sangat dinamis itu menjadi semakin indah. Seperti terlihat dalam video yang diunggah di YouTube, TRCC tampil begitu atraktif. Tangan dan kaki anak-anak anggota TRCC rancak bergoyang mengikuti irama pukulan tifa. 

RUANGAN megah di tengah Kota Venezia, Italia itu, seperti meledak begitu paduan suara perwakilan Indonesia selesai tampil, pada Sabtu malam lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News