Istana Bantah Kaisar Akihito Ingin Turun Takhta

Istana Bantah Kaisar Akihito Ingin Turun Takhta
Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko. Foto: AFP

jpnn.com - TOKYO - Pihak Istana Kekaisaran Jepang membantah keras rumor bakal mundurnya Kaisar Akihito dalam waktu dekat.

Sebelumnya, kabar keinginan mundurnya Akihito ini dipublikasikan oleh sejumlah media lokal, Rabu (13/7).

Akihito (82), yang sudah menjadi kaisar sejak 1989 itu disebut ingin turun takhta, sesuatu yang akan menjadi hal yang superluar biasa untuk garis kerajaan yang berusia lebih dari 2.600 tahun itu.

Namun Imperial Household Agency, badan pemerintah yang menjalankan urusan kerajaan, bisa disebut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, membantah kabar itu.

"Kabar itu sama sekali tidak benar," tegas Wakil Kepala Badan Rumah Tangga Kekaisaran, Shinichiro Yamamoto, seperti dilansir dari AFP.

Kabar keinginan Akihito untuk mundur ini dimunculkan oleh NHK dan Kyodo News, yang secara terpisah memuat laporan yang sama. Mereka menurunkan berita ini berdasarkan sumber dari orang dekat kekaisaran.

Nah, sejumlah pengamat politik di Jepang juga meyakini, NHK maupun Kyodo News tidak akan sembarangan menurunkan berita yang paling sensitif di Negeri Matahari Terbit itu.

Sementara Perdana Menteri Shinzo Abe menolak berkomentar, mengisyaratkan sensitivitas tinggi masalah ini.

TOKYO - Pihak Istana Kekaisaran Jepang membantah keras rumor bakal mundurnya Kaisar Akihito dalam waktu dekat. Sebelumnya, kabar keinginan mundurnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News