Dominasi Operator di Luar Jawa Diinvestigasi KPPU

Dominasi Operator di Luar Jawa Diinvestigasi KPPU
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komite Bidang Hukum Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi Kresna tidak membantah adanya dominasi salah satu operator telekomunikasi di luar Pulau Jawa yakni PT Telkomsel. 

Dominasi itu terjadi karena Telkomsel menggunakan infrastruktur induk usaha, yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang sudah sejak lama membangun jaringan dengan dana dari pemerintah.

Menurut I Ketut Prihadi Kresna, adanya dominasi yang terbentuk secara alami oleh operator pelat merah itu karena sudah sejak lama Telkom membangun jaringan dengan dana dari pemerintah.

Telkomsel sebagai anak perusahaan yang bergerak di ranah selular menggunakan infrastruktur induknya.

Menurut dia, hal tersebut tidak menjadi masalah asal Telkom menggunakan posisi tersebut dengan bijak. Artinya, tak ada market abuse atau penyalahgunaan posisi terhadap pasar yang didasari dominasi. 

"Sepanjang Telkom tidak menggunakan posisi dominannya untuk meng-abuse market," tutur kepada wartawan, Kamis(14/7).

Posisi dominan Telkomsel terutama di luar Pulau Jawa menjadi perhatian khusus pemerintah terutama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Kedua lembaga tersebut sedang menginvestigasi secara intensif masalah tersebut.

Dijelaskan Ketut Prihad, pihaknya sudah mengirimkan surat ke PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) selaku induk usaha Telkomsel. Tujuannya yakni mengkonfirmasi perihal dominasi tersebut pada operator yang bersangkutan. Selain itu, 

JAKARTA - Anggota Komite Bidang Hukum Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi Kresna tidak membantah adanya dominasi salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News