BUMN ini, Siap Amankan Musim Tanam

BUMN ini, Siap Amankan Musim Tanam
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Pupuk Indonesia, selaku holding BUMN Pupuk telah menyiapkan pasokan yang siap pakai dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Itu dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dan persiapan memasuki musim tanam kedua di tahun ini.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin menjelaskan, ketersediaan pupuk yang ada di gudang-gudang lini III kabupaten saat ini sebanyak 1,3 juta ton. Jumlah itu bisa menjamin kebutuhan pupuk hingga dua bulan ke depan, di mana jumlah ini lebih tinggi dari ketentuan minimal yang diwajibkan yaitu sebesar 2-3 minggu ke depan.

“Kami terus meningkatkan kualitas sistem monitoring stok ini agar lebih memudahkan dalam mengetahui ketersediaan stok pupuk di daerah-daerah,” kata Aas Asikin dalam siaran persnya.

Selain itu, Pupuk Indonesia senantiasa menjaga ketersediaan pupuk di gudang-gudang produsen dan gudang-gudang distributor (lini III). Tujuannya, agar pendistribusiannya ke kios-kios resmi penjual pupuk bersubsidi bisa dilaksanakan dengan segera.

"Supaya bisa memenuhi permintaan petani apabila sewaktu-waktu terjadi lonjakan. Dengan ketersediaan pupuk yang cukup pada saat ini dan tersebar di daerah, petani tidak perlu khawatir kekurangan pupuk,” ucap Aas Asikin.  

Aas Asikin menambahkan, untuk bisa dilayani oleh kios-kios Pupuk Indonesia sesuai ketentuan, seluruh petani yang membutuhkan pupuk bersubsidi tergabung dengan kelompok tani dan terdaftar dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Pupuk Indonesia juga telah menyiapkan stok pupuk cukup tinggi untuk mempersiapkan jika terjadi peningkatan permintaan kebutuhan pupuk dan mengantisipasi terjadinya La Nina, sebagaimana yang diprediksikan oleh BMKG.

"Sehingga agar Pupuk Indonesia bisa memenuhi kebutuhan tambahan pupuk yang diperlukan oleh petani," harap dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Pupuk Indonesia, selaku holding BUMN Pupuk telah menyiapkan pasokan yang siap pakai dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Itu dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News