Lebaran Tuntas, Warga Mengantre di Puskesmas

Lebaran Tuntas, Warga Mengantre di Puskesmas
Warga di Wonosobo, Jawa Tengah saat mengantre di Puskesmas Kalikajar, Rabu (13/7). Foto: Radar Kedu/JPG

jpnn.com - WONOSOBO – Fasilitas kesehatan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah kebanjiran pasien. Usai Lebaran, banyak pasien mengantre di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Contohnya di Puskesmas Kalikajar. Ratusan orang mengantre untuk berobat.

Kepala Puskesmas Kalikajar Andre Setya Kurniawan mengatakan, ada lonjakan jumlah pasien dibandingkan hari biasa. “Selain penderita sakit biasa, kalau pasca-Lebaran seperti sekarang ini banyak warga yang sakit karena salah makan,” katanya seperti diberitakan Radar Kedu (Jawa Pos Group).

Penyakit yang dikeluhkan macam-macam. Namun, yang umum dikeluhkan adalah mag, hipertensi, diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) karena terlalu capek.
“Semua penyakit yang saya sebutkan tadi bermula dari pola makan yang salah, bisa karena jenis makananya, bisa juga karena makan terlalu berlebih,” jelasnya.

Andre menjelaskan, pada hari-hari biasa pengunjung Puskesmas Kalikajar berkisar 80 orang. Tapi sekarang ini warga yang meminta layanan bisa mencapai 120 orang. “Sejauh ini masih bisa ditangani Puskesmas, paling beberapa yang sampai dirujuk ke rumah sakit,” ucapnya.(cr2/ton/jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News