Catat, Kemacetan Arus Mudik Tahun Depan Bergeser ke Pekalongan

Catat, Kemacetan Arus Mudik Tahun Depan Bergeser ke Pekalongan
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - SEMARANG – Kemacetan di pintu keluar tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan sebutan Brexit pada mudik Lebaran lalu diprediksi tak akan terjadi lagi. Namun, kemacetan serupa diperkirakan akan terjadi di Pekalongan, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, ruas tol Brebes Timur-Pemalang ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada musim mudik Lebaran tahun depan. Dengan asumsi kendaraan pemudik keluar di Pemalang, maka penumpukan kendaraan diperkirakan akan terjadi di wilayah Pekalongan.

Terlebih, Kota Pekalongan tidak punya jalan lingkar atau ring road. Selain itu pemudik akan mendapat banyak hambatan seperti banyaknya persimpangan dengan lampu pengatur lalu lintas.

Selain itu ada pula dua palang perlintasan kereta api yang menutup jalan setiap 10-15 menit. Sebab, palang perlintasan KA di Pekalongan menutup sebanyak 84 kali dalam sehari.

Untuk itu Pemprov Jateng akan menyiapkan jalur alternatif dari Pemalang yang bisa tembus hingga Batang. ”Kalau sudah sampai Batang, kemacetannya sudah tidak parah lagi,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Jika jalur alternatif sudah ditentukan, maka Pemprov Jateng akan mensosialisasi jalur mudik itu di Jakarta. Menurutnya, selama ini ada kebijakan yang keliru karena sosialisasi jalur mudik justru di wilayah Jateng.

”Kan yang mudik dari Jakarta. Jadi sosialisasinya harus di sana,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sudah ada rencana pembangunan jalan lingkar di Kota Pekalongan. Panjangnya sekitar 26 km yang membentang dari Wiradesa hingga daerah Alun-Alun Batang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News