87 Calon Panwascam Jalani Fit and Proper Test

87 Calon Panwascam Jalani Fit and Proper Test
Ilustrasi dokumen JPNN

jpnn.com - BALIKBUKIT – Sedikitnya 87 dari 144 orang calon panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang lolos seleksi menjalani fit and proper test di Hotel Sahabat Utama (SU) Pekon Gunungsugih Kecamatan Balikbukit pada Sabtu hingga Senin (15-17/7).

Para peserta test yang berasal dari 15 kecamatan tersebut, merupakan hasil seleksi tahap awal yakni test tertulis yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. 

Dari hasil fit and proper test ini nantinya akan menyisakan sebanyak 45 orang atau masing-masing tiga orang Panwascam untuk setiap kecamatan. Dalam seleksi tahap akhir tersebut, para komisioner Panwaslukab mencecar peserta dengan sejumlah pertanyaan.

”Para calon ini dicecar banyak pertanyaan, banyak juga yang tidak bisa menjawab. Padahal fit and proper test ini menjadi penentu bagi para calon untuk lolos dan dilantik menjadi panwascam,” ungkap Kepala Sekretariatan Panwaslukab Adiansyah Gunawan, kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group).

Ia menambahkan bagi para calon yang lolos seleksi wawancara nantinya, akan di lantik pada 25 atau 26 Juli mendatang.

Komisioner Panwaslukab Doni Risadi mengatakan, pihaknya berharap nantinya para calon panwascam yang terpilih berdasarkan hasil nilai test tertulis kemudian test wawancara yang nantinya dilantik dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik pada Pilkada Lambar 2017 mendatang.

”Berdasarkan peraturan  tugas, wewenang, dan kewajiban pengawas pemilu berdasarkan amanat Undang-Undang nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu adalah sebagai berikut  mengawasi penyelenggaraan pemilu dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran untuk terwujudnya pemilu yang demokratis,” ungkapnya.(nop/lus/ray/jpnn)


BALIKBUKIT – Sedikitnya 87 dari 144 orang calon panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang lolos seleksi menjalani fit and proper test di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News